Kanal

Pantau Lokasi Karlahut dan Memotivasi Tim Pemadam, Jajaran Pati Korem 031/WB Turun Ke Meranti

PELITARIAU, Meranti- Dalam rangka melihat secara langsung kondisi Karlahut dilapangan sekaligus memberikan motivasi atas kerja keras anggota TNI dilokasi Karlahut. Kasrem 031/WB pada Selasa pagi (3/11) turun ke Meranti.

Sekira pukul 10.30 Wib, menggunakan Helicopter TNI AD rombongan yang terdiri dari Kasrem 031/WB Kol Czd Inyoman Parwata Dansatgas PRCPB TNI Kol Inf Dendi Suryadi, Kasiopsrem 031/WB Letkol Inf Saad Miyanta, Letkol Psk Sholihin Danyon Paskas, Kabid BPBD Riau Akhyar mendarat di halaman kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Jalan Dorak Selatpanjang.

Kedatangan Kasrem 031/WB dan rombongan disambut langsung oleh Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Meranti Ir Anwar Zainal, Kadis Kehutanan Murod, Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Stp Manulang, Danramil Selatpanjang dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.

Sesampainya di kantor Bupati, Kasrem 031/WB langsung menggelar rapat koordinasi bersama Pejabat yang ada di Pemkab Meranti, dalam rapat tersebut Kasrem melakukan pemetaan kondisi Karlahut di Meranti dengan menghimpun semua informasi sekaligus memberikan masukan soal antisipasi Karlahut kedepan.

Salah satu solusi yang ditawarkan yakni pembuatan Blocking Kanal di area kebun masyarakat. Pembuatan Blocking kanal oleh aparat TNI dinilai berhasil melembabkan lahan gambut seperti yang dilakukan di Kalimantan sehingga Karlahut dapat diantaisipasi.

"Blocking Kanal sesuai perunjuk Panglima TNI dilokasi Karlahut di Kalimantan, Oktober lalu kepada Damrem dan Dandim yang wilayahnya terjadi Karlahut," jelas Kasrem dimana pertemuan itu juga dihadiri oleh Pimpinan Perusahaan PT RAPP dan Sinar Mas.

Masih katanya, "Kerika itu Panglima TNI menunjukan kanal yang telah dibuat Sat TNI AD, sebagai contoh untuk yang akan dibuat dimasing-masing wiklayah rawan kebakaran," jelasnya kembali.

Selain itu, dalam pertemuan antara Panglima TNI dan Perusahaan disepakati melalui MoU pihak perusahaan dalam hal ini PT Sinar Mas berjanji akan membamtu pembuatan Blocking kanal dilahan perkebunan masyarakat.

"Perusahaan berjanji membantu masyarakat membuat kanal diluar lahan konsesi perusahaan, ini tindak lanjut MoU dengan pihak PT Sinar Mas," jelasnya lagi.***wr


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER