Kanal

Waduh, Meranti Punya Ancaman Serius Setiap Tahunnya

PELITARIAU, Meranti- Sampai saat ini ancaman abrasi masih menjadi masalah serius bagi Kabupaten Kepulauan Meranti. sebab, abrasi tersebut bisa menghabiskan sedikit demi sedikit pulau. Parahnya lagi akan menyebarluas hingga ke pemukiman masyarakat setempat.

Pulau Rangsang misalnya, pulau ini sudah Sejak tahun 90 an,  sudah terjadi pengikisan lebih dari 15 meter pertahunnya, setidaknya sudah 1000 hektar lahan milik warga telah terjun ke laut.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kepulauan Meranti, Ir M Murod, pada Jum'at (30/10) menilai  persoalan abrasi semacam ini sudah sepantasnya perlu bantuan dari Pemprov Riau maupun Pemerintah Pusat, "Karena bantuan sangat dibutuhkan untuk atasi abrasi," terangnya.

Murod juga menjelaskan, kalau pihaknya sampai saat ini masih berupaya untuk mengatasi hal tersebut, agar kedepannya tidak menyebar luas hingga kepemukiman masyarakat setempat.

"Masih kita upayakan dengan membuat pemecah ombak dari pohon kayu nibung dengan jalinan pohon bambu, dan akan ditambah dengan mereboisasi tanaman mangrove serta tanaman berjenis lainnya," jelasnya.

Tetapi, Murod mengatakan kalau upaya tersebut merupakan upaya yang sederhana. "Agar lebih bagusnya lagi, cepat membangun turap untuk menahan derasnya ombak," pungkasnya.

Dampak bagi masyarakat setempat yang terkena abrasi, yakni akan kehilangan tempat tinggal serta akan menyulitkan perekonomian.***wr


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER