Kanal

Puncak Gema Muharam, Puluhan Ribu Masyarakat Padati Lapangan Gadjah Mada

PELITRIAU, Tembilahan- Puluhan ribu masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memadati lapangan Gadjah Mada Tembilahan, belum lama ini. Hadirnya sejumlah masyarakat itu dalam rangka puncak peringatan Gema Muharram 1437 H.

Kegiatan ini digelar oleh Pemkab Inhil melalui Disporabudpar Kabupaten Inhil dengan rangkaian acara Istighosa, pembacaan Shalawat Nariah berjamaah dan lainnya, termasuklah juga mendengarkan tausiah oleh ustaz Muhammad Sauqie MZ bin alm KH Zainuddin MZ dari Jakarta.

Kegiatan sore itu langsung dihadiri Bupati Inhil HM Warda, unsur Forkopimda Kabupaten Inhil dan sejumlah pejabat esselon Pemkab Inhil. Bahkan juga tampak dihadiri Kepala Disporabudpar Provinsi Riau dan Kepala Kemenag Riau dan Inhil.

Bupati mengatakan, dalam rangka gema Muharram tahun ini dilakukan beberapa kegiatan perlombaan selama 10 hari terakhir yang dimulai tanggal 13 Oktober kemarin. Pada puncak acara, Pemkab menyajikan pembacaan Shalawat Nariah dengan menghadirkan jamaah terbanyak.

"Targetnya 30 ribu untuk di lapangan sini saja dan 60 ribu secara keseluruhan se-Inhil. Sebab pembacaan Shalawat ini digelar di seluruh kecamatan yang ada di Inhil," kata Wardan.

Dengan demikian, Pemkab kembali pecahkan rekor Muri jamaah Shalawat Nariah terbanyak. Saat ini ia menilai bahwa antusias masyarakat sangat support dengan berbagai kegiatan Gema Muharram.

Jadi, secara tidak langsung Pemkab menjadikan Gema Muharram ini sebagai Event Wisata Kabupaten Inhil dan akan diusulkan kedepan untuk dijadikan Even Wisata religi Provinsi Riau.

"Itu target kita, karena hal ini sudah dilakukan sejak tahun 2002 lalu," tambahnya.

Orang nomor satu di Negeri Sri Gemilang ini mengingatkan, sebelumnya Pemkab juga pernah memecahkan rekor Muri bubur asyura' terbanyak. Saat ini katanya penyediaan bubur asyura cukup sebatas sebagai keharusan yang disediakan dimoment Gema Muharram.

Meski begitu, bubur asyura juga masih terbilang banyak karena panitia yang dibantu sejumlah instansi pemerintah serta sejumlah lembaga pendidikan di kota Tembilahan tersedia sebanyak 100 kawah.***sb


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER