Kanal

Disinaboi Harga Buah Kelapa Sawit Rp350/Kg

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Petani Kelapa Sawit saat ini mengeluh, pasalnya harga buah tandan sawit (BTS) di Kecamatan Bangko dihargai Rp 400 per kilo gram (kg), sementara harga buah sawit di Kecamatan Sinaboi, hanya Rp350/kg,atau sangat merosot.

"Harga buah sawit seperti ini di Sinaboi sudah berlangsung sejak pascra Idul Fitri lalu. Pada hal jelang lebaran harga masih berkisar Rp500 sampai Rp600 per kg. Usai lebaran harga langsung turun, dan sekarang Rp350/kg di Sinaboi," kata Afrizal, warga Sinaboi Rokan Hilir.

Harga buah sawit Rp350 per kg ini, jelasnya, mulai dari Kepenghuluan Darussalam, Teluk Bakau, sampai ke Sungai Nyamuk, di Kecamatan Bangko. Harga Rp350 per kg itu, terangnya, harga jual ditingkat penampung sampai dimasukkan ke dalam truk.

"Harga beli buah sawit tergantung harga di tingkat ram (penampung wilayah). Untuk Bangko, Batu Hampar dan Sinaboi, ram-nya ada di Tanah Merah. Ram inilah yang menetapkan harga beli buah tandan sawit para pekebun sawit, berdasarkan harga beli buah sawit di tingkat pabrik," katanya.

Anjloknya harga sawit ini, tutur dia, tidak mempengaruhi aktifitas pekebun sawit untuk mendodos sawit. Jika tidak didodos (diambil buahnya), terang Afrizal, maka pekebun sawit akan tambah merugi.***Adv/Humas/Zai


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER