Kanal

Ditemukan 8 Titik Api, BPBD Inhil Aktifkan Posko Siaga Karhutla

PELITARIAU, Tembilahan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengaktifkan seluruh personilnya dengan membuka posko siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di depan Kantor BPBD, Tembilahan.

Menurut penuturan Kepala BPBD Kabupaten Inhil, Yusfik, kepada pelitariau.com, Rabu (29/7) mengatakan. dibukanya siaga Karhutla ini berdasarkan hasil rapat semua komponen terkait diantaranya Kepolisian, TNI, Basarnas dan pihak terkait lainnya beberapa waktu lalu. Alhasil, posko siaga Karhutla mesti dibuka dan dilibatkan semua pihak terkait di Inhil.

Adapun lamanya keaktifan posko siaga tersebut, BPBD Inhil mentargetkan hingga 2 bulan kedepan terhitung mulai tanggal 27 Juli kemaren. Namun kata Yusfik, dalam pertengahan bulan selama 2 bulan kedepan bisa saja status siaga ini meningkat menjadi posko darurat jikalau kondisi suasana di lapangan semakin meningkat.

“Namun jika tidak ada peningkatan, maka statusnya pun tidak berubah, tetap memajang status posko siaga Karhutla hingga 2 bulan kedepan,” katanya.

Disamping itu, ia menyebutkan alasan utama dibukanya posko siaga tersebut karena belakangan ini terjadi bencana Karhutla di kecamatan Kempas yang cukup luas hingga menurunkan personil gabungan ke lokasi serta dibuka posko siaga tersebut 24 jam.

Memang sebelumnya, pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Inhil sempat menyampaikan kepada sejumlah awak media bahwa  titik api di Inhil saat ini yang tercatat tertanggal 27 Juli 2015 sebanyak 8 titik, yakni 7 titik di Desa Bayas Kecamatan Kempas dan 1 titik di Desa Sencalang Kecamat Keritang.

“Kita telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat terhadap bencana Karhuta tersebut,” ungkap Kepala BLH Kabupaten Inhil melalui Kabid Kerusakan Lingkungan Ardi Yusuf.***Bud
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER