Kanal

Disnakertrans Dumai Bekali Ketrampilan geratis Bagi Ratusan Orang

PELITARIAU, DUMAI - Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan keahlian masyarakat, UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga KerjaProvinsi Riau mengadakan pelatihan kerja gratis bagi masyarakat Dumai, Bengkalis dan Rohil.

Kegiatan dibuka Senin (25/8/14), di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Dumai di Jalan Raya Bukit Timah oleh Kepala Disnakertrans Kota Dumai H Amiruddin didampingi Kepala UPT BLK H Zulabrar.

Kata Zulabrar pelatihan kerja ini akan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat, dan dapat pula membuka lapangan kerja yang pada gilirannya dapat mengurangi tingkat pengangguran. Paling pentingnya lagi mereka juga dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga secara tak langsung bisa mengurangi angka pengangguran, seperti dilansir riauterkini.com.

Katanya, ada pun pelatihan gratis itu meliputi, pelatihan komputer, las listrik, sepeda motor, mobil, tata boga, menjahit, bordir dan pelatihan bidang pertanian (jamur dan holtikultura), processing (pengolahan hasil pertanian).

Dengan rincian untuk peserta las listrik yang mendaftar sebanyak 34 orang namun hasil seleksi yang diterima 16 orang, sepeda motor dari 21 orang yang diterima 16 orang, mobil bensin dari yang mendaftar 26 orang yang diterima 16 orang, komputer dari 61 orang yang diterima 32 orang, prosesing dari 22 orang yang diterima 16 orang,tata boga dari 23 orang yang diterima 16 orang, pertanian dari 23 orang yang diterima 16 orang, bordir dari 16 yang mendaftar yang diterima 16 dan menjahit dari 42 orang yang diterima 32 orang.

Lanjutnya, lama latihan 480 jam pelajaran dengan rincian 28 jam pelajaran untuk latihan dasar yaitu FMD 28 jam pelajaran dan 442 jam pelatihan jurusan teori dan praktek dengan komposisi 25 persen teori dan 75 persen praktek. Kegiatan pelatihan berakhir 18 oktober 2014.

Kadisnakertrans Dumai H Amiruddin mengungkapkan pelatihan institusional dan pelatihan berbasis masyarakat dalam program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja APBD Provinsi Riau yang kedua bertujuan untuk meningkatan keterampilan untuk mengisi kesempatan kerja dari swasta dan pemerintah. Karena ini sipatnya teknis.

Tentunya dengan pelatihan ini bisa membuka lapangan kerja baru, kalau belum mendapatkan pekerjaan dan bisa membuka usaha. Sebab dari kecil usaha yang dibangun bisa menjadi besar.

H Amiruddin meminta manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan pelatihan itu sehingga mampu melaksanakan pekerjaan di perusahaan, setidaknya bisa menciptakan lapangan kerja baru.

Bagaimana menciptakan lapangan kerja baru dengan keterampilan yang dimiliki. Dalam kesempatan itu, Amiruddin mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang melaksanakan kegiatan pelatihan kerja terhadap masyarakar Riau pada umumnya dan khususnya masyarakat Dumai.

Menurut Amiruddin, pelatihan hendaknya dilakukan sesuai kebutuhan pasar kerja. Artinya agar tenaga kerja yang telah mendapat pelatihan hendaknyadapat terserap perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Dumai.

"Pelatihan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan sangat diperlukan, karena dapat dengan cepat mengurangi tingkat pengangguran di kota Dumai. Maka dari itu, kegiatan semacam ini akan terus dibuat," pungkasnya. (PR-cr.Ram)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER