Kanal

Urusi Kesepian Hingga Toilet, Ini 5 Kementrian Terunik di Dunia

PELITARIAU.com - Kementerian adalah lembaga pemerintah yang dipimpin oleh seorang menteri untuk membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan suatu negara. Seorang menteri bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Umumnya, sebagian besar negara memiliki sejumlah kementerian yang sama, seperti menteri pendidikan, menteri luar negeri, menteri keuangan, hingga menteri pertahanan. Namun, ternyata ada negara yang memiliki kementerian unik dan tidak umum. Apa saja? Berikut rangkumannya.

1. Kementerian Urusan Kesepian

Kesepian sering kali dianggap menjadi masalah sepele karena dinilai hanya bersifat sementara dan tidak berpengaruh besar, padahal ada banyak bahaya kesehatan yang mengintai akibat kesepian.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan National Institute on Aging (NIA) menemukan bahwa kesepian memiliki dampak risiko tinggi terhadap kondisi fisik dan mental. Beberapa masalah kesehatan tersebut, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau kardiovaskular, obesitas, pelemahan sistem kekebalan tubuh, kecemasan, depresi, Alzheimer, hingga kematian.

Dengan demikian, sejumlah negara, seperti Jepang dan Inggris memutuskan untuk membentuk Kementerian Urusan Kesepian guna mencegah risiko yang terjadi pada warga negaranya akibat kesepian.

2. Kementerian Kebahagiaan

Pada 2016 lalu, Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UAE) mengumumkan bahwa pihaknya membentuk Kementerian Kebahagiaan. Menurut Perdana Menteri UAE, Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum, Kementerian Kebahagiaan dibentuk untuk menciptakan kehidupan sosial masyarakat UAE yang lebih baik.

"Tanggung jawab Kementerian Kebahagiaan adalah menyelaraskan seluruh rencana, program, dan kebijakan pemerintah untuk mencapai masyarakat yang lebih bahagia," tulis UAE melalui laman resmi pemerintahannya, dikutip Selasa (2/5/2023).

3. Kementerian Toilet

Toilet adalah salah satu hal terpenting di Jepang. Dilansir dari Japan Today, pada 2014 lalu Pemerintah Jepang memutuskan untuk memperhatikan keindahan fasilitas sanitasi umum.

Berkaitan dengan hal tersebut, Jepang menunjuk Menteri Penanggung Jawab Pemberdayaan Perempuan, Haruko Arimura, sebagai Menteri Toilet. Melalui jabatan tersebut, Arimura bertugas untuk mengurus permasalahan toilet umum yang terjadi di Negeri Sakura tersebut.

"Pada pertemuan pertama kami, Arimura mengatakan bahwa lingkungan di toilet umum perlu diperbaiki agar perempuan yang bekerja di luar rumah dapat berkembang," ujar anggota subkomite sekaligus arsitek, Akito Yokoyama, dikutip Selasa (2/5/2023).

"Arimura bahkan ingin memanggil seluruh pakar toilet ke pertemuan subkomite dan dia tidak keberatan bila dipanggil sebagai Menteri Toilet. Sebab, ia ingin memperbaiki toilet umum," lanjut Yokoyama.

4. Kementerian Yoga

Pada 2014, Pemerintah India resmi membentuk kementerian khusus untuk mempromosikan pengobatan tradisional dan yoga, yakni AAYUSH. Dilansir dari NDTV, AAYUSH merupakan singkatan dari Ayurveda, Yoga, Naturopati, Unani, Siddha, dan Homeopati. Sebelumnya, Kementerian Yoga ini adalah bagian dari Kementerian Kesehatan.

5. Kementerian Modifikasi Cuaca

Salah satu kementerian terunik di dunia juga berasal dari China, yakni Kementerian Modifikasi Cuaca. Sesuai namanya, kementerian ini bertugas untuk memodifikasi atau mengubah cuaca sesuai kebutuhan nasional, seperti mengontrol tugas dan mengatur jadwal turun hujan. **prc01


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER