Kanal

Waka Suwardi Ritonga Meneteskan Air Mata Haru Saat Pengesahan Ranperda Hari Jadi Inhu

PELITARIAU, Inhu - Selain rasa gembira dan senyum sumringah para undangan rapat paripurna penetapan hari jadi Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) ke 67 tahun, terlihat juga tetes air mata haru dari kordinator panitia khusus (Pansus) hari jadi Kabupaten Inhu H Suwardi Ritonga SE saat namanya disebut berulang ulang dalam pidato ketua pansus hari jadi Inhu.

Hari jadi Kabupaten Inhu akhirnya disepakati oleh semua pihak dan ditetapkan oleh DPRD Inhu dalam Peraturan daerah (Perda) Inhu yaitu tanggal 19 Maret 1956 melalui rapat paripurna dewan.

Entah apa yang menyebabkan pimpinan DPRD Inhu Suwardi Ritonga itu menangis, tapi beberapa ucapan keluar dari banyak pihak, kalau Ranperda hari jadi Inhu yang diusulkan oleh Bupati Inhu Rezita Maylani Yopi banyak menemui kesulitan saat pembahasannya untuk dijadikan Perda, dan dorongan kordinator Pansus serta motivasinya yang membuat tim Pansus itu mampu bekerja maksimal.

"Tanpa sadar saya meneteskan air mata mengungkapan rasa haru yang begitu mendalam atas pengesahan Ranperda hari jadi kabupaten Inhu yang menjadikan kabupaten Indragiri sebagai identitas jati diri dan bermarwah," ungkap Kordinator pansus hari jadi Inhu, H Suwardi Ritonga SE ketika ditanya wartawan mengapa meneteskan air mata.

Dalam rapat paripurna pengesahan Ranperda hari jadi kabupaten Inhu, Ketua Pansus hari jadi Inhu, Muhammad Syafaat dalam rapat paripurna menyampaikan hasil rekomendasi, Keberhasilan Pansus hari jadi kabupaten Inhu merumuskan tanggal dan bulan yang dijadikan sebagai tanggal hari jadi Kabupaten Inhu yang bersejarah ini, tidaklah terlepas dari dorongan dan motivasi serta dukungan yang kuat dari pimpinan DPRD Kabupaten Inhu H Suwardi Ritonga SE yang menjadi kordinator pansus ini," ungkap ketua Pansus Syafaat disambut riuh tepuk tangan.

Dikatakannya, pembahasan pansus hari jadi Kabupaten Inhu merekomendasikan hari jadi kabupaten Inhu jatuh pada tanggal 19 Maret 1956, dan mengembalikan nama kabupaten Indragiri Hulu menjadi Kabupaten Indragiri.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur dan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak.

Buapti Inhu juga menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada segenap anggota DPRD kabupaten Inhu, dan pansus yang telah melakukan pembahasan yang mendalam Ranperda hari jadi Kabupaten Inhu bersama unsur terkait serta masukan dan saran demi penyempurnaan Ranperda untuk di sempurna menjadi Perda.

"Semoga sinergi dan kolaborasi yang telah kita bangun dapat terus berlanjut sehingga upaya kita bersama dapat tercapai yang tujuan pembangunan daerah dalam mewujudkan Kabupaten Inhu yang bermarwah maju, sejahtera dapat kita wujudkan," kata Bupati Rezita penuh harap.

"Insya Allah, tahun depan kita sudah memperingati hari jadi kabupaten Inhu dan mari sama sama kita sambut peringatan hari jadi kabupaten Inhu ini dengan semangat dan spirit untuk membangun Inhu yang semakin maju dan sejahtera kedepannya," sebut Buapti Rezita.

Rapat paripurna tersebut tampak dihadiri juga oleh Wakil Bupati Inhu, Junaidi Rachmad, Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura, Wakil Ketua DPRD Inhu Masyrullah, Wakil ketua DPRD Inhu H Suwardi Ritonga SE, Forkopimda Inhu dan anggota DPRD Inhu, Ketua LAM Provinsi Riau Datuk Seri Drs H Raja Marjohan Yusuf, Sekda Inhu, Ir H Hendrizal MSi,

Serta tampak hadir kepala dinas, kepala badan dan camat se-Inhu, BUMN, BUMD, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Cerdik Pandai, Alim Ulama, dan tamu undangan lainnya yang menggunakan pakaian Melayu. **PRC1


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER