Kanal

Harga Gula Pasir Merangkak Naik

PELITARIAU, Dumai - Sembilan bahan makanan pokok (Sembako) jenis gula pasir di Kota Dumai sejak beberapa waktu terakhir mulai mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga Sembako jenis gula pasir tersebut hingga saat ini telah mencapai Rp. 1.000 per kilogram (Kg) nya dari harga semula, menjadi Rp. 11.000.


Meski sampai saat ini kenaikan harga kebutuhan bahan pokok tersebut tak memiliki sebab yang pasti, namun sudah hampir dua pekan lamanya bahan pokok jenis gula pasir tersebut mengalami kenaikan harga.


Dikonfirmasi pelitariau.com, Kamis (26/3), sejumlah pedagang gula pasir di pasar tradisional membenarkan adanya terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok jenis gula pasir.


Seperti apa yang disampaikan oleh Anto, bahwa menurut pengamatannya gula pasir sudah mengalami kenaikan harga sejak dua pekan lalu dengan total kenaikan yang telah mencapai Rp. 1.000 hingga Rp. 2.000 per Kg.


"Namun apakah penyebab pasti terjadinya kenaikan harga gula pasir tersebut, saya juga tidak tahu persis. Sebab pihak agen hingga saat ini masih belum memberi alasan," katanta.


Hal senada juga disampaikan penjual gula pasir lainnya, Ita, yang menyatakan bahwa sudah cukup lama gula pasir mengalami kenaikan harga dengan tingkat variasi yang berbeda. Mulai dari Rp. 200 per Kg, bahkan hingga kini menjadi Rp. 1.000 hingga Rp. 2.000 per Kg.


"Akibat adanya kenaikan harga ini, penjualan gula pasir menjadi minim, menyusul sejak beberapa waktu terakhir minat jual beli warga juga semakin berkurang," jelasnya.


Sementara sesuai apa yang telah diinfokan media nasional, bahwa kini Kementrian Perdagangan tengah mengkaji ulang impor gula, dan tentunya banyak dampak fluktuasi yang terjadi akibat rencana kenaikan harga ini, seperti pasokan gula jenis luar negeri yang menjadi berkurang.***

 

Penulis: Bie

Redaktur: Ramdana
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER