Kanal

Warga Dua Suku Unjuk Rasa

PELITARIAU, Pelalawan - Ratusan warga dari anak kemenakan kedua pebatinan suku Sengeri dan suku Pematan yang berada di Kecamatan Pangkalan Kuras  bersama LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Peduli Riau  melakukan unjuk rasa, Rabu (25/3). Mereka   memblokir jalan utama menuju ke areal perusahaan perusahaan Surya Bratasena Plantation (SBP).

Adapun aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh kedua pebatinan suku Sengeri dan suku Pematan  bersama LSM Peduli Riau kali ini mempertanyakan Hak Guna Usaha (HGU) milik salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di Desa Dundangan Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan PT.SBP.

Nolis Hadis Koordinator Lapangan (Korlap) dalam orasinya ini mengatakan, adapun aksi yang  dilakukan kali ini  karena pihak PT.SBP diduga telah melebihi izin lahan  lebih kurang 844 hektare di dua pebatinan suku Sengeri dan suku pematan diluar HGU yang dimiliki PT.SBP.


"Selama ini lahan pebatinan yang lebih kurang 844 hektar itu, nyatanya selama bertahun-tahun lahan tersebut sudah sudah dikelolah oleh pihak PT.SBP," katanya.

Namun Dia  minta kepada PT.SBP yang memiliki HGU  yang terhampar di dua pebatinan suku Sengeri dan suku Pematan yakni Kecamatan Pangkalan Kuras dan Pelalawan, agar tidak menyerobot lahan 844 hektare yang dimiliki oleh dua  Pebatinan suku Sengeri dan suku Pematan, karena lahan 844 hektar tersebutkan diluar HGU  miliki PT.SBP sendiri.***

Penulis :Andre Winata

Editor: Alfi


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER