Kanal

Berkunjung ke Riau, Ini Arahan Mendagri Tito Karnavian

PELITARIAU, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan bahwa Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyampaikan beberapa arahan kepadanya sekaligus kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se Riau, untuk Provinsi Riau lebih baik lagi kedepannya.

Ia menerangkan, kunjungan kerja Mendagri tersebut dalam rangka melaksanakan tugas kedinasan sekaligus meninjau pelaksanaan vaksinasi merdeka anak yang ada di Kota Pekanbaru. Tepatnya di SDN 036 Pekanbaru.

Syamsuar mengatakan, bahwa Tito Karnavian mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau termasuk masyarakat Riau karena tingginya vaksinasi yang telah terlaksana di Provinsi Riau. Namun terangnya, Mendagri meminta pelaksanaan vaksinasi booster dapat ditingkatkan.

"Pek Mendagri minta kiranya pelaksanaan vaksinasi booster dapat kita tingkatkan di masa akan datang. Ini adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi masyarakat kita agar terhindar dari penularan COVID-19," katanya, usai mengantar keberangkatan Mendagri, di Ruang VIP Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jumat (21/1/2022).

Orang nomor satu di Riau ini mengungkapkan, Mendagri juga memberikan arahan dalam rapat koordinasi bersama para Bupati/Wali Kota se Provinsi Riau dan juga dengan OPD terkait, seperti Bappeda, BPKAD, BPBD serta Dinas Kesehatan.

Gubri menjelaskan, ini semua dalam rangka menyampaikan pesan berkaitan COVID-19 agar masyarakat di Provinsi Riau tidak abaikan prokes. Kemudian juga perlu wanti-wanti varian Omicron yang bisa masuk ke Riau.

"Oleh karena itu beliau (Mendagri) banyak memberikan arahan kepada kami semua dalam rangka pengendalian COVID-19 yang ada di Riau," sebutnya.

Mantan Bupati Siak ini melanjutkan, Tito Karnavian juga mengapresiasi progres APBD Riau tahun 2021. Termasuk juga mengapresiasi pendapatan daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang pendapat daerah nya cukup tinggi di Indonesia. Seperti pendapatan daerah Kabupaten Bengkalis dengan Siak.

Syamsuar menuturkan, Mendagri juga menyampaikan apresiasi terhadap capaian pendapatan asli daerah Riau dan realisasi belanja 2021. Oleh karena itu, Tito Karnavian mengharapkan pelaksanaan kegiatan tahun 2022 itu lebih cepat dilaksanakan. Agar tidak mendekati akhir tahun baru terlaksana.

"Jadi harapan beliau (Mendagri) dari sekarang sudah bekerja semua pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten kota. Agar nanti ini bisa dimaksimalkan untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Karena bagaimanapun kalau APBD nya sudah terealisasi ke masyarakat, ini juga berpengaruh pada peningkatan ekonomi daerah," sebutnya.

Gubri mengungkapkan, Tito Karnavian juga mengingatkan seluruh kepala daerah di Riau agar bekerja lebih baik pada tahun 2022 ini. menurutnya, Mendagri mengharapkan prioritas pembangunan dan juga SDM yang sangat diharapkan. Yakni peningkatan SDM yang diinginkan adalah terutama berkaitan dengan pendidikan. Agar pendidikan juga dapat menjadi perhatian, baik provinsi maupun kabupaten/kota. 

Untuk hal ini menurutnya, Pemprov Riau sudah memprioritaskan pendidikan. Dengan adanya dukungan berupa bantuan pendidikan, bantuan beasiswa, termasuk kegiatan kerja sama antara kementerian pendidikan dan kementerian tenaga kerja dalam mempersiapkan pendidikan Vokasi yang ada di daerah.

"Beliau tadi fokusnya pendidikan vokasi, saya katakan tadi kita sudah melaksanakan itu. Di mana adanya kerja sama dengan dunia usaha. Beliau sangat senang sekali bisa berkunjung ke Riau," tutur Gubri.

Datuk Seri Setia Amanah ini mengaku, Mendagri meminta agar suasana aman kondusif, pemulihan ekonomi yang baik, investasi yang juga baik, penanganan COVID-19 dan penanganan Karhutla juga baik untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota.

"Beliau senang atas kunjungan ini. Dan berharap hal-hal yang sudah baik dapat dipertahankan," tutupnya. **Prc7


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER