Kanal

Bandara Japura Akan Menjadi Pusat Latihan Sekolah Penerbang.

PELITARIAU,Rengat - Tahun 2015 ini Bandara Japura   yang berlokasi di jalan Lintas Timur Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), akan dimanfaatkan sebagai pusat latihan sekolah penerbangan dan tidak lagi menjadi bandara komersil.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau Adizar, Kamis (12/2) di Kantor Gubernur Riau.

Menurutnya, sekolah pilot memang direncanakan dengan mengoptimalkan keberadaan bandara Japura di Rengat, Indragiri Hulu.

"2015 ini dimulai dan sedang dipersiapkan dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan penerimaan siswa,’’ ungkapnya.

Salah satu alasan memilih Bandara Japura di Rengat, cerita Kadishub, karena melihat potensi bandara yang sudah ada, namun pemanfaatannya kurang optimal. Sehingga ketika usulan menyiapkan sebagai tempat pendidikan penerbangan, yakni pilot disambut baik pemerintah pusat.

"Dengan infrastruktur yang ada dan penerbangan yang masih kurang optimal, maka kita siapkan sebagai tempat sekolah pilot. Untuk angkatan pertama akan menampung 30-40 peserta pendidikan," tambahnya.

Sekolah Pilot Japura yang direncanakan Pemprov Riau, lanjut Adizar, nantinya bisa menampung putra-putri Riau tamatan SMA sederajat.

Mengenai waktu pendaftaran dan persyaratan lainnya serta tenaga pendidik dan lain, Dishub Riau sedang berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kemenhub RI.

Kepala Dinas perhubungan kabupaten Inhu Drs Erpandi melalui kabid hubungan sungai ,laut dan Udara pada kamis (13/2) mengatakan bandara japura di kecamatan lirik tidak lagi menjadi bandara komersil,saat ini sudah  difungsikan untuk latihan  siswa pilot.

Dikataknnya,bandara japura bukan menjadi pusat sekolah tetapi hanya pusat latihan siswa penerbang (pilot) , untuk pusat sekolah pilot yang dimaksud tetap di Jakarta.***


Penulis: Muhammad Anshori

Editor: Alfi

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER