Kanal

Sagu Meranti Laris Manis di Jogja Perbulan Hampir 100 Kilogram


PELITARIAU, Selatpanjang - Tidak ada yang menyangka produk sagu Kepulauan Meranti ternyata juga digemari oleh masyarakat dari luar, bahkan sampai ke Jogjakarta. Tidak tanggung-tanggung pesanan yang dipenuhi setiap bulannya mencapai 100 Kilogram.

Adalah Ali Imroen (25), warga Kota Selatpanjang ini telah berhasil memasarkan berbagai macam produk sagu hingga ke Kota Gudeg, Jogjakarta. Dalam satu bulan, dia bisa melakukan pengiriman hingga tiga trip. Untuk satu trip jumlahnya bisa mencapai 50 kilogram.

Berbagai panganan yang diminati itu mulai dari mie  sagu, kerupuk sagu, cendol sagu, dan sagu telur. "Kemarin saya baru coba mengirim sagu rendang, yang disana minta sampel mau dicoba dulu katanya," ucap Ali Imroen, ditemui Pelitariau.com di Rumahnya di Dorak Selatpanjang Rabu (11/2) pukul: 15:33 wib.

Sekitar dua tahun lalu lewat media sosial, dia mencoba memperkenalkan komoditi andalan tanah kelahirannya itu. Gayung bersambut, waktu itu promosinya langsung mendapat tanggapan dari salah seorang pengusaha dari Jogjakarta.

"Sejak itu saya mulai memesan berbagai panganan sagu. Tapi memang mi sagu yang cukup banyak diminta kalau dulu nya permintaan hanya sedikit,namun seiring berjalan nya waktu kuota pengiriman semakin meningkat dan hingga kini mencapai 100 kg/bulannya," ungkap laki-laki bujangan ini kepada Pelitariau. com.

Setiap kilogram mie  sagu yang rutin dikirimnya, dibeli Ali dengan harga Rp 7 ribu dari produsen di Kota Selatpanjang. "Saya jual dengan pemesan seharga Rp 10 ribu perkilogramnya. Itu di luar ongkos kirim," ujarnya lagi.

Memang kalau dihitung-hitung keuntungan yang didapat Ali Imroen tidaklah terlalu besar, tapi ia bertekad apa yang diusahakannya saat ini adalah pembuka jalan untuk mempromosikan produk panganan sagu dari Meranti ke berbagai daerah.

"Saya optimis kedepannya nanti mi sagu ini akan mengindonesia. Tentunya akan berpengaruh terhadap perekonomian produsen panganan sagu di Meranti," tuturnya.


Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor: Alfi


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER