Kanal

Hari ini Riau Sumbang Hotspot Terbanyak di Sumatera

PELITARIAU, Pekanbaru -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hari ini Kamis (22/7/2021) terdapat 138 titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera.

"Ya, Hari ini di Sumatera terpantau ada 138 titik panas. Riau menjadi salah wilayah yang terpantau hotspot," sebut Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Putri Siregar.

Disampaikannya, 138 titik panas itu tersebar di 9 wilayah dengan sebaran terbanyak berada di Provinsi Riau yakni  46 titik panas.

"Selanjutnya ada di Sumatera Utara sebanyak 27 titik, Sumatera Barat 23 titik, Bengkulu 14 titik, Sumatera Selatan 10 titik, Bangka Belitung 8 titik, Jambi 5 titik, Aceh 3 titik dan Kepulauan Riau 2 titik," terang Putri Siregar.

Untuk wilayah Riau, 46 titik panas tersebar di 10 wilayah dengan sebaran terbanyak ada di Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 24 titik.

"Selanjutnya ada di Kabupaten Kampar 6 titik, Rokan Hulu 4 titik, Pelalawan dan Indragiri Hulu masing-masing 3 titik, Bengkalis 2 titik, serta Kepulauan Meranti, Dumai, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir masing-masing 1 titik," jelas Putri Siregar.

Dari jumlah tersebut, lanjut Putri, 8 titik berada di level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"8 titik tersebut tersebar di Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 6 titik tepatnya di Kecamatan Kubu, kemudian 1 titik di Kampar tepatnya di Kecamatan XIII Koto Kampar dan 1 titik di Rokan Hulu tepatnya di Kecamatan Kabun," ujarnya.

Sementara untuk 38 titik lainnya berada di level rendah dan sedang. Rinciannya 2 titik di level rendah dan selebihnya berada di level sedang.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Sementara untuk Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 °C dengan kelembapan udara 50 – 96 %. Dan arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 36 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (rendah). **Prc7


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER