Kanal

Komisi III DPRD Inhu, Akan Pangil Dinas PMD Dan Kades Bukit Selanjut Terkait BUMDes

PELITARIAU, Inhu - Pemberitaan mengenai BUMDes Harapan Mitra Cemerlang, Desa Bukit Selanjut, Kecamtan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau. DPRD Inhu melalui Komisi III akan memangil Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD), Kepala Desa serta Pengurus BUMDes untuk dilakukan RDP.

"Pemberitaan BUMDes di Desa Bukit Selanjut sudah viral yang di duga fiktif. Jadi kami selaku mitra dan wakil Rakyat akan memanggil Dinas PMD, Camat, Kades dan Pengurus BUMDes untuk di gelar RDP,"Ungkap Wakil Ketua Komisi III Yurizal SH Kepada Awak media (4/5/2021)

Masih kata Yurizal SH, untuk pasti kapan dan tanggal pemanggilan setelah komisi III membahas beberapa agenda ke depan.

"Nanti kapan pemanggilan kita atur waktunya yang jelas tetap komisi III memanggil,"tutup Yurizal.

Sebelum nya ungkap Ketua BUMDes Harapan Mitra Cemerlang saat dikonfirmasi pada 24 April 2021, dirinya sudah tidak lagi menjadi ketua BUMDes karena mengundurkan diri dari jabatan nya dengan alasan sudah tidak jelas lagi dalam pengurusan BUMDes di Desa Bukit Selanjut. Pasalnya pihak Desa hanya memakai nama saja yang ditunjuk sebagai ketua BUMDes tahun 2019 oleh kepala Desa, Sedangkan anggaran dan pelaksanaan dilakulan langsung oleh kepala Desa Bukit Selanjut Guspan Ardodi.

"Saya tidak tahu menau soal BUMDes apa saja yang sudah di realisasikan oleh Desa, karena semua di kelola oleh kepala Desa. Dulu saya dijadikan Ketua BUMDes, kepala Desa main tunjuk aja, karena sudah tidak jelas maka saya mengundurkan diri,"Ungkap Ketua BUMDes Harapan Mitra Cemerlang Desa Bukit Selanjut Deni warda.

Saat disingung terkait anggaran yang dikucurkan ke rekening BUMDes sebesar 200 juta dari Sumber BKK dan 150 juta dari DD serta bagaimana pertangung jawaban nya, Deni tetap mengatakan tidak mengetahui.

"Intinya kemarin semuanya diurus oleh kepala Desa dan saya tidak tau. Kalau lebih jelas konfirmasi kepada pihak Desa, masalah SPJ Desa yang buat, aku tidak bekerja dan mengelola kenapa aku yang buat SPJ. Dulu yang jelas ada Brilink itu pun hanya sekedar tau, kata kades Kita bikin Brilink itu aja, kalau fisik nya alahuawalam lah. Duet cair kades semua yang ambil, lebih jelas lagi tanya ke bendahara ia,"Jelas Deni.

Kemudian Bendahara BUMdes Desa Bukit Selanjut Linda mengungkapkan hal sama ketika dikonfirmasi kalau uang BUMDes di pegang oleh kepala Desa Guspan Ardodi, kemana uang nya tidak tau dan pertangung jawaban nya pun tidak tau.

"Duet di pegang kepala Desa, ibaratnya saat pencairan uang langsung diambil kepala Desa dan uang nya untuk apa tidak tau, sampai hari ini SPJ tidak ada,"Ungkap Bendahara BUMDes Linda.**Prc6 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER