Kanal

Terkumpul Dana Jutaan Rupiah Dari Majelis Saat PKDP Memperigati Isra' Mi'raj Disurau Alkausar Air Molek

PELITARIAU, Inhu - Makna Isra Mi'raj yang digelar oleh orang Minang asal Sumatra Barat yang tergabung dengan Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) pada Jumat malam Sabtu (11/3/2021) bertempat di Surau Alkausar Belakang Pasar Lama Kel Air Molek 1 Kec Pasir Penyu Kab Inhu, tentunya banyak memberikan hikmah bagi umat muslim yang berkesempatan hadir diacara tersebut.

Hadir dalam rangkaian Hari Isra Miraj, Camat, kapolsek, Danramil 04/PP, Kades Candirejo, Penasehat PKJ Airmolek, Ketua DPK MPI Inhu, Danki PPM, Kelompok Musik Religi Robana Bundo Kandung dan Semua orang minang Pariaman dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, H Ardi Chaniago ST, Ketua PKDP Kec Pasir Penyu mengatakan dihari perayaan memperigati Isra Miraj tahun 2021 yang sangat mulia ini tempat bertemunya semua anak kemenakan kawan sekampung (Pariaman -Red) bisa bertemu di Surau Alkausar inilah tempat berkumpul semua sanak saudara.

Surau Alkausar disamping keseharian untuk beribadah juga kami jadikan Kantor atau Sekretariat PKDP Air Molek, Ketua berharap apabila ada yang salah orang pariaman yang berurusan dengan hukum selain kasus Narkoba sebagai orang yang dituakan tolong dikasih informasi jangan dibawa didiamkan saja semampu kita kalau masih bisa diselesaikan secara adat kenapa tidak.

"Sebagai orang perantau sudah selayaknya kita harus sama sama memberikan tunjuk ajar yang terbaik, tapi kalau yang terlibat masalah narkoba kepada penegak hukum silahkan diproses agar dikemudian hari ada efek jera bagi pelakunya, apalagi ketentuanya sudah ada dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PKDP," jelas Ketua PKDP.

Selanjutnya Camat Pasirpenyu Bambang H dalam sambutan mengatakan Forkopicam memberikan Apresiasi kepada PKDP yang sukses menggelar kegiatan ini. Sudah berapa lama acara kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan terhenti dilaksanakan akibat dampak pandemi covid 19 sepanjang tidak bertentangan dengan Prokes.

Pesan camat berikutnya, di tengah COVID-19 marilah kita semuanya lebih mendekatkan diri pada Allah SWT, melakukan muhasabah dengan banyak zikir, mohon ampun (istighfar) pada Allah SWT dan berdoa semoga musibah yang melanda Indonesia dan dunia segera berlalu.

Upaya pencegahan infeksi COVID-19 meliputi pembiasaan hidup sehat melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga jarak (social distancing). "Upaya lainnya adalah memakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir," pungkas Camat.

Kapolsek Pasir Penyu Kompol  Edi Yasman dalam kesempatan itu menambahkan panitia penyelenggara jangan lupa prokes nanti kalau sudah sakit susah kita betul betul menderita, waktu belum sakit dianggap sepele kalau sudah sakit baru menyesal mudah mudahan dengan kegiatan yang bernuansa keagamaan dan kegiatannya sangat positif semoga kita semua dilindunggi oleh Allah Swt dari mala bahaya.

Lanjut Kapolsek masalah narkoba di airmolek sangat banyak didaerah ini, kalau ada yang tertangkap dia pemakai untuk pembinaannya sangat jauh untuk karantina cuma adanya di pekan baru mudah mudahan kedepan akan dibangun oleh pemerintah daerah.

Lebih jauh lagi Kapolsek menegaskan bagi orang tua kalau anaknya ditangkap pengedar narkoba jangan sesekali dibela nanti kalau tidak berikan ganjaran hukum atas perbuatannya berdampak akan membahayakan keluarga dan lingkungan serahkan saja kepada kepolisian.

Bagi masyarakat yang mengetahui siapa pelaku narkoba jangan dilindunggi karena jumlah anggota polsek sangat terbatas dan jangan sekali lagi menuduh dan menuding pihak penegak hukum kenapa masih banyak yang belum ditangkap karena ada main mata dengan polisi "Insya Allah kalau dirinya kapolsek tidak rela menerima uang haram tersebut," jelas Kompol Edi Y.

"Diakhir sambutan pengalaman saya sebelum jadi Kapolsek sudah pernah jadi Kanit dan Kasat narkoba dan banyak pengalaman yang sudah dirasakan semoga acara ini bisa bermanfaat bagi PKDP khusus warga pariaman di Kec Pasir Penyu," jelasnya.

Penceramah Ust Ahmad Norman SHi pada intinya hikmah sewaktu Nabi Muhammad SAW diperintahkan Isra Mi'raj oleh Allah Swt untuk umatnya diperintahkan untuk menjalankan Sholat 5 waktu sehari semalam.

Ust berdoa kepada semua majelis yang hadir di Surau Alkausar diberikan kesehatan dan dimudahkan rezkinya oleh Allah Swt, Amin. Semua mahluk Allah kalau sudah berada dalam Surau ini tidak akan panas tetap dikasih kesejukan oleh Allah Swt.

Ust mendoakan semua majelis ini besok dikumpulkan disorga Allah juga bersama Malaikat. Kata UAS, Bulan Rajab ini adalah bulan untuk bertobat. Ust berpesan Sholat yang paling besar amalnya adalah sholat Sunat Tahajut.

Masih menurut ust memperingati isra' mi'raj adalah anjuran mengimplementasikan nilai-nilai ibadah sholat dalam kehidupan sehari-hari. Ibadah sholat menempati posisi yang sangat utama dalam ajaran Islam.

Dalam hadits, sholat diibaratkan sebagai tiang agama yang dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Sholat juga dapat mendidik seorang muslim menjadi pribadi yang bersih, jujur, sabar dan disiplin. Nilai-nilai dalam sholat bisa menjadi inspirasi.

"Marilah kita jadikan nilai-nilai ajaran sholat sebagai bekal untuk melatih diri kita untuk sabar dan disiplin dalam melakukan gerakan kampanye dan edukasi terhadap keimanan," pungkas ust.

Diakhir Acara memperigati isra mi'raj di gelar makan bersama semua para undangan yang hadir disuguhkan berbagai makanan dan lauk pauk siap untuk disantap oleh panitia.** (prc3)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER