Kanal

KPU Kuansing Serahkan Sertifikat Akreditasi Pemantau Kepada LSM PENJARA

PELITARIAU,Kuansing-KPU Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau serahkan sertifikat Akreditasi Pemantau kepada Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LSM PENJARA) Cabang Kuansing dalam rangka perhelatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing tahun 2020. Seremoni penyerahan akreditasi digelar di kantor KPU setempat, Sabtu(14/11/2020).

Ketua KPU Kuansing yang diwakili oleh Komisioner KPU Kuansing Wigati Iswandhiari ST.MM mengatakan, hadirnya pemantau pemilu sangat penting untuk menciptakan pemilu berkuwalitas, sebab untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan sinergi antara semua pihak terkait untuk bersama membangun misi kepemiluan yang sama, apalagi kita di Kuansing baru pertama kali ada LSM Pemantau.

“Dengan diserahkan nya sertifikat akreditasi ini, maka secara Resmi LSM Penjara bekerja untuk melakukan pemantauan terhadap tahapan-tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020. Keterbukaan dan transparansi ini menjadi sebuah keutamaan, dengan adanya keterlibatan secara langsung oleh Lembaga Pemantau ini." kata Wigati.

Selain itu, dengan adanya sinergi antara penyelenggara pemilu dengan lembaga pemantau pemilu terakreditasi ini, dapat menguatkan proses demokrasi sehingga partisipasi pemilih pada pemilu mendatang akan meningkat.

“Untuk menyukseskan Pemilu dengan cara mengawasi kinerja penyelenggara pemilu dan juga peserta pemilu agar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang ada. Saya ingin kita bersama menekan semaksimal mungkin menghindari pelanggaran pemilu dalam setiap tahapan,” tegasnya.

Wigati menambahkan, penyerahan sertifikat akreditasi kepada pemantau ini,menunjukkan bahwa KPU Kuansing welcome terhadap hadirnya pemantau LSM Penjara ini.

“Setelah diberikannya sertifikat akreditasi hari ini, saya berharapa semua pemantau dapat bekerja sesuai tupoksi dan peran serta para pemantau, agar dalam tahapan pilkada dapat bekerjasama dengan baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Kuansing Mardius Adi Saputra SH menyambut baik dan merasa senang dan bangga dengan hadirnya Lembaga Pemantau, peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam pengawasan atau pemantauan jalannya proses demokrasi merupakan hal yang sangat penting. Peran pemantau dalam pengawasan pemilu menjadi salah satu dan indikator kualitas penyelenggaraan pemilu yang demokratis.

“Saya apresiasi kepada sahabat-sahabat pemantau LSM Penjara yang begitu kompak berpatisipasi dalam pemilu ini, saya berharap dapat bekerjasama dengan baik, pemantau sangat penting dalam mengawasi,” pangkasnya.**


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER