Kanal

Bupati Pelalawan Minta Kinerja PNS Di Tingkatkan

PELITARIAU, Kerinci - Bupati Pelalawan HM Harris meminta dengan tegas agar kinerja Pegawai Negri Sipil (PNS) di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan dapat lebih  ditingkatkan. Guna memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat, serta bekerja dengan tidak memikirkan kepentingan pribadi.


Demikian  disampaikan oleh Bupati Pelalawan HM Harris pada media ini, kemarin. Menurutnya, dirinya menilai orientasi pemikiran bahwa menjadi PNS untuk kepentingan pribadi itu merupakan faktor yang paling menghambat produktifitas dan efektifitas lembaga-lembaga pemerintahan daerah di Kabupaten Pelalawan saat ini.

"Dan saya sekarang berusaha sekuat tenaga untuk merubah pola pikir seperti ini ke arah yang benar," terangnya.

Harris mengatakan, bahwa akibat cara berpikir tersebut, maka setiap pekerjaan tidak bisa diselesaikan secara cepat. Dan akibatnya, proses pengambilan keputusan dalam sistem birokrasi pemerintahan daerah jadi lamban. Meskipun memang ada sistem yang berbelit, sehingga administrasi dan pelayanan kepada masyarakat masih lambat.

"Tapi, yang terutama itu pada orangnya, karena kalau pekerjaan itu mau dibuat cepat pasti akan selesai cepat," paparnya.
 
Menurutnya, dibandingkan kultur birokrasi pemerintahan dengan birokrasi perusahaan swasta, maka memang terdapat perbedaan yang sangat besar dari berbagai banyak aspek. Dalam hal etos kerja misalnya, karyawan perusahaan jauh lebih memiliki etos ketimbang PNS. Jarang sekali perusahaan swasta yang performa birokrasinya sama, apalagi tidak lebih baik dari instansi pemerintah.

"Padahal soal kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya, misalkan tingkat pendidikan, kelompok PNS masih di atas rata-rata SDM karyawan swasta," ujarnya.

Ditambahkannya, untuk mencapai produktifitas yang optimal serta maksimal, maka dirinya meminta pada seluruh PNS di jajaran Pemkab Pelalawan untuk meniru pola berpikir swasta.

"Jadi, saya minta semua PNS bekerja dengan pola pemikiran yang lebih baik. Dalam melaksanakan pekerjaan, kita harus mau berkorban. Baik korban tenaga, korban pikiran dan korban waktu. Kalau bisa seperti ini, maka saya yakin birokrasi pemerintahan kabupaten Pelalawan akan menjadi lebih baik lagi," tutupnya. (kor. htl)

 

Editorial: rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER