Kanal

TPM dan Kukerta Terintegrasi LPPM UNRI Lakukan Penyuluhan Pembukuan dan Perpajakan Terhadap UMKM

PELITARIAU, Pekanbaru - Tim Pengabdian Masyarakat (TPM) LPPM UNRI yang terdiri dari dosen pelaksana pengabdian masyarakat dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) terintegrasi Universitas Riau telah menggelar penyuluhan mengenai pembukuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Pajak UMKM,  Rabu, (5/08/2020) kemarin. 

Serta cara promosi produk pemasaran   UMKM melalui platform media online seperti Facebook, Instagram, Tokopedia, Shopee dan media online lainnya untuk mendukung perkembangan UMKM ditengah masa pandemi covid-19  di Aula lantai 2 kelurahan Limbungan.

Berkaitan dengan tema “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pelaku Usaha UMKM di Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru”, dengan ketua pelaksana pengabdian dosen sekaligus DPL Kukerta Terintegrasi Dr Sri Endang Kornita, SE., M.Si. Beserta tim pengabdian dosen Drs. H Syafril Basri, M.Si, Drs. H. Restu,. M.Si, Ufira Isbah, SE., ME, dan Selly Prima Desweni, SE,. ME. 

Pada kesempatan itu ketua pelaksana pengabdian dosen sekaligus DPL Kukerta Terintegrasi Dr Sri Endang Kornita, SE., M.Si. menyatakan bahwa  kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM kelurahan Limbungan agar dapat meningkatkan aktivitas bisnis yang berkualitas.

Lanjut Sri Endang, dengan adanya laporan keuangan untuk mengetahui kondisi keuangan dan kinerja suatu usaha, akan berpengaruh pada masalah permodalan pada UMKM khususnya untuk masyarakat pelaku UMKM kelurahan limbungan.

“Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan kualitas pelaku UMKM dalam  pembukuan dan perpajakan yang baik dan benar sesuai dengan prosedurnya serta pelatihan cara promosi melalui platform media online. Dilakukan juga agar dapat membantu pelaku UMKM tetap bertahan ditengah pandemi corona yang sedang terjadi," jelas Sri Endang. 

Lebih jauh lagi dijelaskannya, dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya”ungkap salah seorang tim pengabdian Kukerta Terintegrasi kelurahan Limbungan yang ditemui dilokasi. 

Sementara itu, lurah Limbungan, Welfinasari Harahap, S.Sos berharap agar sosialisasi ini mampu membantu memberikan peningkatan kualitas UMKM dan membantu memberikan solusi atas permasalahan UMKM, terlebih saat kondisi pandemi ini untuk tetap bertahan dengan metode pemasaran yang sesuai dengan kondisi.

"Sosialisasi dan penyerahan buku tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk perkembangan kualitas UMKM kelurahan Limbungan terutama dalam masa pandemi seperti ini," harapnya. 

Pelaksanaan acara ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu mewajibkan yang datang memakai masker dan membatasi jumlah peserta yang datang dengan perwakilan berbagai jenis usaha yang hadir. Hal ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan mencegah covid 19 dengan duduk berjarak atau Socialdistancing. 

Selain acara penyuluhan, rangkaian acara ditutup dengan penyerahan buku  pembukuan UMKM dan pajak UMKM yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN Terintergrasi kelurahan Limbungan. **Prc1/Renni Modita Putri


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER