Kanal

Banyak Tentara Nangis di Makodim 0302 Inhu, Letkol Arh Hendra Dilepas dan Sambut Letkol Czi Eko

PELITARIAU, Inhu - Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) yang dikenal tangguh ternyata juga pandai menangis, tangisan haru melepas kepergian Letkol Hendra Roza SIP sebagai Komandan kodim (Dandim) 0302 Indragiri hulu (Inhu) Riau bertugas selama 2,7 tahun, kemudian dilepas berangkat ke Medan Sumatra utara untuk melanjutkan tugasnya sebagai Asisten personalia (Aspers) Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (BB) di Medan.

Dandim 0302 Inhu yang baru Letkol Czi Eko Supri Setiawan SSos Mhan disambut anggota TNI dan pejabat Inhu-Kuansing langsung bertugas sebagai Dandim 0302 Inhu, Letkol Czi Eko sebelumnya menjabat sebagai Komandan Batalyon Zeni Tempur (Danyonzipur) 1 Dira Dharma  (Danyonzipur I-DD) di Sumatra utara, riwayatnya juga pernah bertugas disejumlah wilayah Indonesia.

Acara pisah sambut Dandim 0302 Inhu Sabtu (8/8/2020) di Makodim 0302 Inhu berlangsung haru, selain tetesan air mata prajurit TNI, terlihat juga pejabat Inhu menangis dalam acara pisah sambut Dandim 0302 Inhu tersebut.

"Sedih haru om, tak terasa air mata menetes sendiri," ujar salah satu anggota TNI yang ditanya wartawan diakhir acara pisah sambut Dandim 0302 Inhu di Makodim Inhu.

Bukan hanya orang tegap berambut cepak dan berseragam loreng yang terlihat meneteskan airmata, ibuk-ibuk yang berseragam hijau dan para undangan yang diketahui adalah pejabat juga terlihat menangis harus dalam acara pisah sambut Dandim Inhu tersebut.

"Air mata saya tak bisa saya bendung, Letkol Hendra Roza selain saya kenal sebagai tentara yang tegas, saya merasakan dia adik saya yang baik dan sahabat bagi prajurit-prajut di Kodim ini," ujar Wakil ketua DPRD Inhu H Suwardi Ritonga SE ketika di tanya wartawan.

Hal senada juga dikatakan oleh ketua komisi II DPRD Inhu Dodi Irawan SHi yang saat itu meneteskan air mata dalam acara serah terima jabatan Dandim 0302 Inhu. "Tak terasa betul, ni air mata menetes sendiri, saya juga heran, saya bangga punya sahabat seperti Letkol Hendra," ujar Dodi Irawan.

Samahalnya wakil ketua komisi II DPRD Inhu Martimbang Simbolon yang terlihat menangis haru diakhir acara pisah sambut Dandim Inhu. "Jangan tanya kenapa air mata ini menetes bang, nanti kita ngopi bang," ujar Martimbang Simbolon yang enggan bicara banyak tentang pertemuannya dengan Letkol Hendra saat menjabat Dandim Inhu.

Letkol Arh Hendra Roza, merupakan Dandim yang terbilang cukup ulet dan gigih serta mampu bersinergi dengan institusi daerah seperti Polres, Kejaksaan dan Pengadilan menjaga keamanan dan kondusif wilayah Inhu, Letkol Hendra sebagai Dandim 0302 bertugas di dua wilayah Kabupaten yaitu Inhu-Kuansing selama dua tahun tujuh bulan.

Tetesan air mata pun tidak terbendung oleh Letkol Arh Hendra Roza saat memberikan kata sambutan yang didampingi sang Istri di atas pangung. "Terimakasih atas dukungan semua pihak yang sudah membantu tugas-tugas TNI, banyak unsur yang sudah terlibat selama ini mendampingi saya dalam bekerja selama menjabat Dandim di Inhu," ujar Letkol Hendra yang berpamitan untuk melanjutkan tugas sebagai Aspers di Medan

Diakhir sambutannya, Letkol Hendra Hendara menyampaikan, agar semua pihak di Inhu terus menjaga kekompakan, khusus prajurit di Kodim 0302 Inhu, bagaimana menjadikan Kodim 0302 Inhu lebih baik lagi. "Saya izin pamit dan akan kembali lagi, doa kan saya bisa menjalankan tugas di tempat yang baru. Terimaksih kepada seluruh anggota saya yang sudah memberikan dukungan dan support selama saya menjadi Dandim 0302 Inhu," kelasnya.

Ditambahkannya juga, di Makodim 032 Inhu juga akan ada penambahan anggota Tamtama sebanyak 45 orang asli putra dan putri kelahiran Inhu yang akan ditempatkan di Kodim 0302 Inhu. "Sebelum pindah ke Medan saya dan sekeluarga meminta maaf jika ada keslahan maupun kata-kata kurang berkenan yang tak saya sadari," ucap Letkol Hendra Roza.

Semantara itu, dalam sambutan Dandim 0302 Inhu yang baru Letkol Czi Eko Supri Setiawan, SSos Mhan meminta dukungan semua pihak dalam menjalankan tugas sebagai Dandim di Inhu, khususnya meminta seluruh prajurit yang ada di Kodim 0302 Inhu untuk menjalankan tugas di Kabupaten Inhu. 

"Saya asal dari Jawa timur, sebelum bertugas di Inhu sudah melalang buana bertugas hingga sampailah di Kabupaten Inhu ini, sebelumnya saya bertugas di Medan. Intinya sama-sama kita kondusifkan daerah ini," ucapnya Letkol Eko.

Pisah sambut Dandim Inhu juga dihadiri oleh Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK, Asisten II Setda Inhu Saiful Bahri mewakili Bupati Inhu, Asisten I Setda Kabupaten Kuantan Sengingi Ajwan Anwar, wakil ketua DPRD Inhu H Suwardi Ritonga SE, anggota DPRD Inhu dari partai PKB Dodi Irawan, Taufik Hendri Partai PAN, Martimbang Simbolon nanti partai Perindo, dan tokoh masyarakat Inhu serta.

Dalam sambutan Bupati Inhu yang diwakili PLT Asisten II Saiful Bahri mengatakan, bahwa Letkol Hendra Roza merupakan Dandim yang sudah membantu Daerah Inhu untuk menjaga keamanan serta membantu suksesnya terselenggaranya pemilu pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Gebernur serta turut bahu membahu antara TNI, Polri dalam mengatasi permasalahan Karhutla di Inhu.

"Atas nama Kabupaten Inhu kami ucapkan terimaksih kepada pak Hendra Roza dan semoga sukses mengemban ditempat yang baru," ucap Saiful Bahri.

Selanjutnya sambutan Bupati Kabupaten Kuansing diwakili Asisten I Ajwan Anwar, juga mengucapkan hal sama, Bahwa Dandim Hendra Roza salah satu sosok Dandim yang hangat. 

"Kalau sudah hadir pak Hendra ini ke Kuansing Forkompimda disana lngsung ceria. Kepergian pak Hendra hari ini membuat kami sedih, beliau selalu hadir disetiap kegiatan pemerintah dan selalu bersinergi. Selamat datang juga buat Dandim baru pak Eko," ucap Ajwan Anwar dihadapan para undangan pisah sambut. **Prc.


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER