Kanal

Sebanyak 727 Peserta Pramuka Pelalawan Ikuti KMD

PELITARIAU, Kerinci - Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) 0411 Gerakan Pramuka  Kabupaten Pelalawan menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD), Raimuna Cabang dan Jambore Cabang Tahun 2014. Kegiatan tersebut diikuti  727 peserta berasal dari 12 Kwartir Ranting yang ada di cabang Pelalawan.

 

Kegiatan berlangsung selama empat hari yang dimulai 21-24. Acara kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris yang digelar di Bumi Perkemahan Bukit Sagaria Desa Lubuk Mas Kecamatan Bunut.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin SH MH yang diwakili oleh Wakil Ketua I DPRD Pelalawan Supriyanto, pengurus Kwartir Cabang 0411 Pelalawan, pengurus kwartir ranting se cabang Pelalawan, Kepala Dinas, Kepala Badan dilingkungan pemerintah Kabupaten Pelalawan, Camat, KaMabiran,lurah, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh alim ulama cerdik pandai dan pelatih dari kwartir daerah 04 Riau.

Bupati Pelalawan HM Harris dalam pembukaan acara tersebut mengatakan, gerakan pramuka memiliki peran menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa, memiliki watak dan budi pekerti luhur dalam mengisi kemerdekaan. Proses pendidikan melalui lembaga pendidikan nonformal seperti Gerakan Pramuka diyakini dapat membentuk karakter generasi muda yang berjiwa toleran, hormat-menghormati, saling menghargai, mengutamakan kepentingan umum, dan cinta terhadap perdamaian.

"Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada kwartir cabang 0411 Pelalawan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Ini suatu bentuk kegiatan yang saya nilai sangat baik untuk generasi muda kita dalam menghadapi persoalan-persoalan remaja yang sangat mengancam karakter generasi muda kita dan saya juga mengucapkan selamat datang kepada anak-anak pramuka secabang Pelalawan, baik pramuka penggalang dan pramuka penegak yang hadir dari berbagai gugus,"ujarnya.

Karena itu, sambungnya, dirinya berharap bumi perkemahan ini bukan saja tempat perkemahan sekali dalam setahun, tetapi bumi perkemahan ini terbuka setiap hari tempat adik-adik pramuka mengembangkan kreatifitas di bumi perkemahan Pelalawan. Selanjutnya, Pemkab Pelalawan mendukung program-program dari gerakan pramuka, supaya pramuka Pelalawan ini menjadi lebih baik untuk kita semua.

"Besar harapan saya kepada kwartir cabang Pelalawan dalam menangani kenakalan-kenakalan remaja yang kian hari semakin mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat. Tidak hanya itu tentunya, kita harus menanamkan nilai cinta tanah air dan memberikan wawasan kebangsaan kepada didik gerakan pramuka untuk menghadapi pasar bebas yang pasti akan kita hadapi," paparnya.(kor. htl)
 

Editorial: rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER