Kanal

Kompensasi BBM 5 Desa Di Pelalawan Belum Didistribusikan

PELITARIAU, Kerinci- Secara umum penyaluran dana kompenasi Bahan Bakar Minyak (BBM) berjalan lancar. Hanya saja, masih ada 5 desa yang belum didistribusikan.

 

Hal tersebut disebabkan masih adanya banjir yang  menjadi penyebab dana  Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) dari pemerintah pusat  belum disalurkan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Pos Pangkalan Kerinci  Hidpaulis, Jumat (12/12).

Dijelaskan akibat banjir  memaksa petugasnya belum bisa mencapai wilayah yang terkena  untuk menyalurkan dana tersebut. Sementara itu, untuk desa-desa yang lainnya sudah disalurkan. Desa yang disebutkan Hidpaulis yang belum didistribusikan dana jatah kompenasi BBM  yakni Kelurahan Pelalawan, Desa Sungai Ara, Ransang, Tolam dan Telayap.

"Masih ada waktu hingga akhir Desember. Namun kami berupaya bisa datang langsung ke desa-desa terkait atau melalui kantor camat nantinya," paparnya.

Camat Pelalawan Joko Purnomo,S.Sos,M.Si yang dihubungi melalui telepon selularnya mengaku belum mengetahui kalau dana tersebut belum diserahkan ke masyarakatnya yang ada di 5 desa tersebut.

"Setahu saya dana tersebut diantar langsung petugas pos ke desa-desa. Atau bisa saja di kantor camat nanti kami yang mediasikan," katanya. 

Jika alasan kondisi banjir lanjut mantan Kabid Pemdes BPMPD Kabupaten Pelalawan ini, khusus ke Kelurahan Pelalawan memang masih ada akses jalan yang terendam banjir.

"Ketinggian air capai 20 centimiter lah di badan jalan. Itu ada sepanjang kurang lebih 4 kilometer. Tapi kendaraan sudah bisa melintas," ujarnya.

Namun Camat menambahkan, dirinya juga mendapatkan informasi dari Kades, mereka menunggu jadwal dari petugas Pos untuk membaginya di desa. Kalau untuk Desa Kuala Tolam, Ransang dan Sungai Ara direncanakan dibagikan di Desa Kuala Tolam.    

 

Berdasarkan data jumlah penerima kompenasi BBM yang sebelumnya BLT atau BLSM, di Kabupaten Pelalawan tercatat 10.973 orang. Dengan rincian di Kecamatan Langgam 866 orang, Pangkalan Kerinci, 1. 386, Pelalawan 413, Bandar Seikijang 630, Teluk Meranti 1148, Pangkalan Kuras 1.605, Ukui 1.140, Pangkalan Lesung 707, Bunut 602, Bandar Petalangan 353, Kuala Kampar 1.030. Kecamatan Kerumutan 1.093 orang. Setakad informasi, tiap warga akan menerima dana kompenasi BBM sebesar Rp 400 ribu tanpa potongan. (kor. htl)

 

Editorial: rio ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER