Kanal

Bupati Yopi Tak Disiplin, Puluhan Anggota Dewan Tinggalkan Rapat Musrenbang

PELITARIAU, Inhu - Rapat Musyawarah pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau untuk kegiatan pembangunan tahun 2021 yang dijadwalkan Kamis (12/3/2020) pukul 09.00 WIB molor lebih dari satu jam, undangan Musrenbang yang ditandatangani Bupati Inhu Yopi Arianto itu seakan tidak menghargai tamu undangan yang diundangnya.

Puluhan anggota DPRD Inhu bersama unsur pimpinan dewan tampak hadir lebih awal ke lokasi ruang rapat Musrenbang di kantor Bappeda Inhu jalan lintas timur Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengatbarat, wakil ketua I DPRD Inhu Masrullah ditanya hadir ke kantor Bappeda Inhu untuk mengikuti rapat Musrenbang dan sudah tiba di ruang rapat Musrenbang sekitar pukul 08.50 WIB.

Dari puluhan anggota DPRD Inhu yang datang untuk mengikuti rapat Musrenbang di kantor Bappeda Inhu, mengaku hingga pukul 10.00 WIB rapat Musrenbang kegiatan tahun 2021 yang dijadwalkan pukul 09.00 WIB belum juga dimulai. 

Sesuai pengakuan sejumlah anggota dewan kepada wartawan, dirinya hadir lebih awal dan ada yang hadir tepat pukul 09.00 WIB, diantaranya, Martimbang simbolon sampai ke kantor Bappeda Inhu pukul 08.30 WIB, Ninik Mulyani tiba di kantor Bappeda Inhu pukul 08.35 WIB, Haditryas Prananda sampai ke Bappeda Inhu pukul 08.50 WIB, 

Selanjutnya anggota DPRD lainya seperti Adek Candra tiba di Bappeda Inhu pukul 08 57 untuk mengikuti Musrenbang, Dody Irawan sampa ke Bappeda pukul 08.50, Chandra Saragih pukul 09.00, Trument Vicktor tiba pukul 09.00 WIB, Mulia Eka Maputra tiba pukul 09.00 WIB, Suparman tiba di Bappeda pukul 09.00 WIB dan Andry Adi tiba ke Bappeda untuk mengikuti Musrenbang pukul 09.45 WIB.

Puluhan anggota DPRD Inhu tersebut mengaku kecewa dengan ketidak hadiran Bupati tepat waktu untuk membuka rapat Musrenbang kegiatan tahun 2021 tersebut, bahkan dari informasi yang diterima oleh anggota DPRD Inhu, Bupati Yopi yang menandatangani undangan Musrenbang lebih memilih melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan.

"Hampir satu jam saya menunggu, tapi rapat Musrenbang yang dibuat oleh Pemda Inhu tak juga di buka, jadwal pukul 09.00 WIB, sampai pukul 10.00 WIB rapat belum di mulai, dan bupati Yopi yang menandatangani undangan juga tidak melihatkan batang hidungnya di Musrenbang itu," kata Martimbang Simbolon, anggota DPRD Inhu yang mengaku kecewa dengan Bupati Yopi tidak disiplin bercerita kepada wartawan Kamis (12/3/2020).

Hal yang sama juga disampaikan anggota DPRD Inhu lainya, kekecewaan anggota DPRD Inhu atas ketidak disiplinan Bupati Yopi terhadap rapat menentukan nasib pembangunan untuk rakyat Inhu tahun 2021, bahkan Bupati Yopi lebih memilih menghadiri kegiatan lainya di Kecamatan.

"Yang mengundang bupati, tapi bupati tidak hadir tepat waktu pukul 09.00 WIB di rapat Musrenbang ini, jika dihubungkan dengan rapat kemarin, baru 14 menit TAPD menunggu rapat Banggar DPRD belum dimula, ketua TAPD Sekda Hendrizal langsung meninggalkan kantor DPRD Inhu, dengan berbagai alasan" kata Muhammad Syafaat anggota DPRD Inhu yang kecewa atas ketidak disiplinan Bupati Yopi.

Berdasarkan kesepakatan anggota DPRD yang hadir saat itu, kata Muhammad Syafaat mereka lebih memilih melakukan kegiatan yang sudah terjadwal di kantor DPRD Inhu dan meninggalkan ruang rapat Musrenbang yang rapat Musrenbang tak kunjung di buka. "Dengan kondisi ini, kami minta Bupati kedepan lebih disiplin dan tak lagi menunda kegiatan sesuai jadwal," pintanya.

Anggota DPRD lainya seperti Mulia Eka Maputra juga menimpalkan, katanya tepat pukul 09.00 WIB dirinya sudah hadir  di rapat Musrenbang Kabupaten Inhu pukul 09.00 WIB, namun hingga pukul 09.30 WIB rapat Musrenbang undangan yang ditandatangani Bupati Yopi belum di mulai.

"Kawan-kawan sepakat langsung meninggalkan rapat Musrenbang yang tak dimulai tepat waktu itu,"jelasnya. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, rapat Musrenbang tingkat Kabupaten Inhu untuk pembangunan tahun 2021, dibuka oleh Sekda Inhu Hendrizal, dan bupati dikabarkan melakukan kegiatan di Kecamatan Kelayang. **Pec1/tim


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER