Kanal

Pencetakan e-KTP Dihentikan, Disdukcapil Pelalawan Tetap Melakukan Pelayanan

PELITARIAU, Kerinci - Saat ini pencetakan Kartu Elektronik Tanda Penduduk (e-KTP)  dihentikan sementara . Dikarenakan masih adanya permasalahan di server pusat, selain masih banyak ditemukannya KTP elektronik palsu yang beredar di masyarakat.


Ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pelalawan dari hasil Rakernas yang digelar oleh Kemendagri di Yogyakarta pada pertengahan November lalu. Menurutnya, intinya penghentian pencetakan KTP elektronik ini untuk dikaji lagi agar tak ditemukan KTP elektronik palsu di masyarakat.

"Namun meski begitu, kita sendiri tetap mencetak KTP elektronik bagi masyarakat yang sudah merekamnya. Namun KTP ini akan kita bagikan nanti, setelah mendapat petunjuk berikutnya dari Kemendagri," terang Kadisdukcapil Pelalawan, Drs Syafruddin, via selulernya, Minggu (30/11).

Syafruddin menjelaskan bahwa penghentian sementara pencetakan KTP elektronik ini rencananya akan dilangsungkan sampai bulan Januari tahun 2015 mendatang. Namun tak menutup kemungkinan penghentian smenetara ini akan terus berlanjut, tergantung dari petunjuk selanjutnya dari Kemendagri.

"Karena itu, meski kami terus mencetak KTP elektronik bagi yang sudah merekam namun sementara ini KTP tersebut belum bisa kami  bagikan. Tapi akan kami bagikan nanti setelah mendapat petunjuk selanjutnya dari Kemendagri," katanya.

Tapi meski begitu, lanjutnya, Kemendagri mewanti-wanti agar pelayanan tetap terus dilanjutkan. Artinya, jangan sampai pencetakan KTP elektronik sementara dihentikan pelayanan pada masyarakat pun terhenti, namun tetap harus berlanjut. (kor. htl)
 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER