Kanal

DPPKP Meranti Tampilkan Diversifikasi Sagu

PELITARIAU, Selatpanjang - Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahahan Pangan (DPPKP) Kepulauan Meranti akan menampilkan hasil diversifikasi produk pangan lokal berbasis sagu pada Meranti Expo 2014. Ajang itu juga bertepatan dengan Peringatan Hari Pangan se-Dunia tingkat Provinsi Riau.


Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM, kepada wartawan di Selatpanjang, Jumat (28/11). Dalam kesempatan itu, juga akan dilakukan pencanangan gerakan makan makanan dari bahan sagu.

"Rencana peringatan Hari Pangan Se-Dunia tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di Kabupaten Kepulauan Meranti akan dihadiri oleh Gubernur. Kita mengharapkan beliau juga berkesempatan mencanangkan gerakan makan makanan berbahan sagu," ujarnya.

Pada Peringatan hari Pangan Se-Dunia yang bersamaan dengan Meranti Expo 2014 itu, lanjutnya, DPPKP Kepulauan Meranti akan menampilkan hasil diversifikasi atau olahan produk berbahan sagu. Hal itu dalam rangka memasyarakatkan dan memperkenalkan kekayaan jenis pangan yang ada di Kepulauan Meranti.

"Pemerintah sangat mendorong adanya pengembangan produk pangan selain dari padi. Untuk itu keunggulan bahan pangan seperti sagu yang dimiliki Kepulauan Meranti sangat potensial dikembangkan dan dimasyarakatkan menjadi salah satu jenis pangan utama," ujarnya.

Selain menampilkan hasil diversifikasi produk lokal berbahan sagu, tambahnya, DPPKP Kepulauan Meranti juga akan menampilkan hasil pengembangan teknologi pengolahan sampah menjadi pupuk kompos. (kor. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER