Kanal

Pelalawan Peringati Hari Cinta Lingkungan Dengan Berbagai Kegiatan

PELITARIAU, Kerinci - Dalam rangka memperingati Hari Cinta Lingkungan Pelalawan tahun 2014 kegiatan dimulai dengan senam bersama yang dilanjutkan dengan apel pagi. Kemudian penanaman pohon dan tanaman hias di ruang publik kreatif, hutan kota.

 

Lalu ada juga pembuatan lubang biopori di titik-titik yang ditentukan yakni 100 meter persegi untuk 30 lubang biopori dan pembersihan lingkungan. Kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Kreatif yang berada di halaman Kantor Bupati Pelalawan, Kamis (13/11).

 

Dalam kegiatan itu hadir  Bupati Pelalawan HM Harris, Sekda 
Pelalawan Drs H Tengku Mukhlis dan Kapolres Pelalawan AKBP Aloysius Supriyadi, tampak hadir juga seluruh Kadis/Kaban/Kabag di lingkungan Pemkab Pelalawan.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa sesuai dengan visi RPJMD Kabupaten Pelalawan, bahwa kebersihan dan kehijauan bukan hanya 
tanggungjawab pemerintah saja tapi juga tanggungjawab bersama. Artinya, harus diupayakan bagaimana di daerah ini penghijauan bisa sampai ke tingkat Desa, guna mengejar 30 persen target penghijauan. 

"Oleh sebab itu, kami harapkan kepada seluruh komponen yang ada agar bisa melaksanakan penghijauan ini," tegasnya.

Karena itu, sambungnya, kegiatan ini sebagai contoh bagi semua, mulai dari Kabupaten, antar Dinas, Camat hingga Lurah, terutama di tingkat Kelurahan dan Kepala Desa, agar bisa berkomunikasi dengan RT/ RW setempat guna menjaga dan membersihkan lingkungan. Khusus di 
Kota Pangkalan Kerinci, untuk kebersihan, dirinya melihat Lurah kurang berkomunikasi dengan RT/ RW setempat. 

"Bahkan sewaktu ada gotong royong PNS dan masyarakat, bisa-bisanya RT/RW tidak tahu., ini berarti tidak diberi tahu oleh Lurah. Jadi ini juga merupakan tanggung jawab Camat dan Lurah. Kedepan yang kita lihat itu adalah realita dan hasil kerja, serta kemampuannya di lapangan apakah bisa berkomunikasi dengan masyarakat, bukan kedekatan dan kepintaran saja yang dilihat," bebernya menegaskan.

Sementara itu, Deputi Kepala BPPT bidang PKT, Tatang A Taufik, di kesempatan tersebut mengharapkan prakarsa ini meluas minimum untuk 
Pangkalan Kerinci. Sehingga dengan begitu, harapan untuk bisa memenuhi 100 meter persegi kawasan tertutup bisa dibuat sebanyak 30 lubang biopori.

"Ini adalah tempat yang diharapkan untuk ruang publik kreatif. Indonesia sangat kekurangan ruang publik. Ruang di mana kita semua, pemerintah, pelaku usaha, masyarakat bisa bertemu secara positif, berinteraksi dan bersosialiasi. Hal ini agar tumbuh ide-ide gagasan 
yang produktif sehingga bisa memunculkan inovasi baru.,"ungkapnya.

Sedangkan perwakilan Manajemen RAPP, H Mabrur AR, mengatakan bahwa PT RAPP berpartisipasi dalam peringatan hari cinta lingkungan di 
Kabupaten pelalawan, karena ini sejalan dengan konsep 3P yakni People, Planet dan Profit yang dijalankan perusahaan. Dimana planet (bumi) dimaknai dengan komitmen perusahaan terhadap pelestarian lingkungan dan habitatnya.

"Jadi kita sangat apresiasi dan mendukung program ini apalagi di hari cinta lingkungan ini sangat sejalan dengan komitmen perusahaan 
terhadap lingkungan. Ada sekitar 1.500 bibit yang kita bantu dengan berbagai jenis antara lain Pulai, Kelat dan Medang, yang ditanam di sejumlah titik di Kabupaten Pelalawan," kata Mabrur.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pelalawan, Syamsul Anwar, SH, MH menyatakan bahwa saat ini Kota Pangkalan Kerinci tengah mengikuti program Adipura untuk masyarakat yang sehat dan madani. Tujuannya adalah untuk menjadikan kota Pangkalan Kerinci dan sekitarnya menjadi yang lebih baik. 

"Untuk itu kita juga membuat sejumlah lubang biopori yang berfungi untuk mengurangi dampak banjir terutama di Kota Pangkalan Kerinci," katanya.

Ditambahkannya, untuk penanaman pohon bibit yang ditanam ini merupakan bantuan dari BPPT, Dinas Kehutanan dan PT. RAPP. Ada sebanyak 25 jenis tanaman hutan yang akan ditanam. Kegiatan penanaman ini diikuti oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Pelalawan, PNS TNI/POLRI, Pramuka Sekolah Adiwiyata serta pihak perusahaan dari dunia usaha. (kor. htl)

 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER