Kanal

Iran tahan empat wartawan berkewarganegaraan Amerika-Iran

(PR) - Komite untuk Perlindungan Jurnalis (CJP) kemarin meminta pemerintah Iran membebaskan empat wartawan yang ditahan. Tiga dari wartawan itu berkebangsaan Amerika-Iran.

Dua dari wartawan yang ditahan itu a dalah koresponden the Washington Post Jason Rezaian dan istrinya Yaganeh Salehi, koresponden untuk koran the Nation bermarkas di Uni Emirat Arab.

"Kami meminta pemerintah Iran segera menjelaskan mengapa Jason Rezaian dan istrinya serta dua wartawan lain ditahan. Kami juga meminta mereka segera dibebaskan," kata Koordinator CJP Timur Tengah Sherif Mansour, dikutip dari Merdekacom.

Rezaian, 38 tahun, memiliki dua kewarganegaraan dan sudah bekerja untuk Washington Post di Teheran sejak 2012. Washington Post menyatakan Salehi sudah mengajukan permohonan menjadi warga Amerika Serikat.

Iran selama ini tidak mengakui dua kewarganegaraan.

Dua nama wartawan lain yang ditahan belum diumumkan namun Washington Post menyebut keduanya sebagai wartawan foto lepas.

"Kami menerima laporan terpercaya mengatakan Rezaian dan istrinya Salehi ditahan pada Selasa malam di Teheran," kata redaktur luar negeri Washington Post Douglas Jehl. (PR-cr)
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER