Kanal

Rozie: Ada Kenaikan Sekitar 1 Persen Lebih

PELITARIAU, Pekanbaru - Pada tahun 2017, raihan retribusi daerah Kota Pekanbaru mengalami kenaikan dibanding tahun 2016 lalu. 

Dimana pada tutup buku tahun 2017 kemarin, retribusi daerah Kota Pekanbaru mencapai Rp52 miliar. Sementara tahun 2016 lalu Rp51,5 miliar.

"Berarti ada kenaikan sekitar satu persen lebih," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru, H Azharisman Rozie kepada wartawan, Selasa (02/01/2018).

Dijelaskan Rozie, retribusi daerah Pekanbaru diperoleh dari 9 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekanbaru. 

"Ada sekitar 9 OPD yang terus digenjot untuk realisasi penerimaan daerah, yakni, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, BPKAD, DPM-PTSP, Dinas Pertanian dan Perikanan, DLHK dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP)," rincinya. Disisi lain, untuk pendapatan  pajak daerah tahun 2017 lalu, mencapai Rp496 miliar lebih, sementara tahun 2016 hanua Rp397 atau mengalami kenaikan 25 persen.

Dari 11 Objek pajak yang ada di Bapenda Pekanbaru, ada 5 yang over target dan 6 Objek Pajak yang tidak mencapai target."Dari enam yang belum memenuhi target ini, itu bisa klasifikasi lagi. Pertama memang kita sudah melakukan upaya tetapi belum maksimal, yang kedua kita memang tidak melakukan upaya, itu memang harus kita akui. Contohnya Pajak Air Bawah Tanah, Tapi saya tidak mau mencari kambing hitamnya. Yang penting itu kita belum optimal," ungkap Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, H Azharisman Rozie.**ulm


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER