Kanal

Bahaya Bagi Orang Sombong

PELITARIAU.com - Siapa yang tidak mengenal kesombongan? sikap yang membuat iblis terusir dari surga ini tak jarang menghinggapi diri manusia. Sering kali datang begitu tiba-tiba dan sulit dihilangkan dari dalam diri manusia.

 

Lalu apa bahaya dari kesombongan ini? Agaknya penting bagi kita untuk mengetahui bahaya dari sikap sombong ini. Selengkapnya, ceramah tentang bahaya dari kesombongan berikut ini:

Marilah kita bersama–sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya, Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Pada kesempatan kali ini izinkan, sedikit sedikit kita melakukan pembahasan tentang bahaya dari kesombongan dan sikap membanggakan diri. Sikap sombon adalah sikap menghargai diri sendiri dengan berlebihan atau menganggap dirinya lebih tinggi, lebih unggul, lebih hebat, dan lebih segala-galanya dibanding orang lain. Sehingga ia mengagumi kebesaran dan keunggulan dirinya sendiri.

Bahaya dari sikap sombong ini adalah dapat menutup hati seseorang untuk menerima kebenaran yang disampaikan oleh orang lain kepadanya, lebih-lebih nasihat yang disampaikan oleh orang yang dinilai lebih rendah darinya.

Banyak ayat-ayat Al-Quran yang mengutuk orang-orang yang menyombongkan dirinya, salah satunya tertulis dalam Qs An-Nahl ayat 29 yang artinya: Oleh sebab itu, masukilah pintu-pintu neraka jahannam kamu kekal di dalamnya, maka amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri itu.

Hadits Rasul pun telah meperingatkan akan bahaya kesombongan tersebut, seperti yang telah disabdakan Rasul, tidak akan masuk syurga seseorang yang mempunyai sifat sombong sekalipun sebesar biji atom, dalam hadits lain juga dikatakan.

Ada tiga golongan yang masuk neraka, pertama yaitu penguasa yang dzalim (berbuat kejam), kedua orang kaya yang tidak mengeluarkan zakatnya, dan ketiga orang fakir yang berlaku sombong.

Sabda lainnya terhadap, Tidak seorangpun yang berjalan dengan sombong dan yang membanggakan dirinya, melainkan dia akan bertemu dengan Allah dalam keadaan menerima kemurkaan-Nya. (HR. Thabrani dari Ibnu Umar)

Dari beberapa penjelasan tentang kesombongan tersebut dapat diketahui bahwa kesombongan memiliki banyak maca bentuknya baik dari perkataan, perbuatan, dan sikap lainnya. Singkatnya, kesombongan ini begitu rentan menghinggapi manusia. bahkan sering kali begitu saja ada dalam diri manusia, dan sulit untuk dikembalikan. **

Billahi taufiq walhidayah, wassalamua’laikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber: http://www.pidatu.com/2016/07/ceramah-tentang-bahaya-dari-kesombongan.htm


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER