Kanal

Hebat... Jalangan Kerbau di Sungai Pinang Rohul Jadi Obyek Wisata

PELITARIAU, Pasirpangaraian - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mewacanakan kawasan jalangan atau kandang di padang rumput sebagai lokasi peternakan kerbau di Dusun Sungai Pinang Desa Bangunpurba Timur Jaya, Kecamatan Bangunpurba, dijadikan kawasan objek wisata peternakan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Rohul Drs. Marjoko didampingi sekrertarisnya Indra Juni Putra SP mengakui dinasnya telah turun ke lokasi peternakan kerbau bersama Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si belum lama ini.

Marjoko mengatakan dari tinjauan tersebut, Bupati Rohul sangat merespon dan berkeinginan menjadikan kawasan peternakan kerbau di Sungai Pinang sebagai obyek wisata peternakan kerbau.

"Rencana dan keinginan dikatakan Pak Bupati beberapa waktu lalu," kata Marjoko di kantornya, Rabu (29/10/14).

Menurut Marjoko, jalangan kerbau di Sungai Pinang sangat indah. Lokasinya berada di hamparan padang rumput hijau di atas lahan milik adat dan ulayat. Suasana dan alam yang subur mendukung jalangan itu sebagai obyek wisata, apalagi kawasan meluas hingga Desa Tanjung Belit dan desa lain.

Di jalangan Sungai Pinang ada lima kelompok peternak dengan populasi kerbau sekitar 1.000 ekor, atau setiap kelompok memiliki populasi 200 ekor.

"Keberadaan peternak kerbau di Sungai Pinang sudah ada sejak jaman nenek moyang dulu," jelas Marjoko.

Sementara itu, Sekretaris Disnakan Rohul Indra Juni Putra menambahkan luas hamparan padang rumput di Sungai Pinang sekitar 100 hektar atau 20 hektar per kelompok ternak.

Indra mengungkapkan hamparan jalangan seperti di Padang Bolak Provinsi Sumatera Utara. Di atas hamparan rumput hijau, ternak kerbau terlihat sehat.

"Sebab itu Pak Bupati sangat tertarik untuk mengembangkan kawasan itu sebagai objek wisata dan sebagai sentra ternak kerbau," jelas Indra dan mengakui ada beberapa peternak kerbau di Sungai Pinang yang merupakan binaan Disnakan Rohul.

Indra mengharapkan rencana menjadikan kawasan jalangan kerbau di Sungai Pinang menjadi objek wisata peternakan. Apalagi, kawasan itu telah menjadi sentra peternakan kerbau di Kabupaten Rohul dalam upaya memenuhi kebutuhan daging. Sebagaimana dilansir riauterkini.com.

 

Editorial : Ramdana Yudha
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER