Kanal

LAZIS IMRA PT. RAPP Gelar Seminar Zakat

PELITARIAU, Kerinci- Lembaga Amil Zakat Infaq & Shodaoh Ikatan Mesjid Riau Andalan (LAZIS IMRA) PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) menggelar seminar zakat pada masyarakat. Kali ini, seminar zakat bertajuk 'Tunaikan Zakat, Bantu Masyarakat, Raih Berkat Dunia & Akhirat'

 

Seminat tersebut digelar di Mesjid Istiqomah, di Jalan Arbes, bekerjasama dengan Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Mesjid Istiqomah.

"Alhamdulillah, dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam yang ke 1436 ini, kita dari BKM Mesjid Istiqomah bisa melaksanakan Seminar Zakat, bekerjasama dengan LAZIS IMRA," ujar Ketua RW setempat, Yunan.

Yunan mengatakan bahwa apa yang dilaksanakan oleh BKM Istiqomah bekerjasama dengan LAZIS IMRA dalam menggelar seminar zakat ini dirasa penting bagi masyarakat, khususnya umat Islam. Pasalnya, selama ini masyarakat hanya mengetahui bahwa bentuk zakat itu adalah zakat fitrah dan zakat harta, padahal ada zakat-zakat lain yang mesti diketahui oleh umat Islam.

"Karena itu, insya Allah, pada kesempatan ini, narasumber kita akan menjelaskan soal itu semuanya," ujarnya.

Ketua Lazis IMRA Mispar, dalam sambutannya diacara tersebut, menyatakan bahwa dengan dilaksanakannya seminar ini diharapkan bisa memberi pemahaman mengenai zakat pada  masyarakat di Pangkalan Kerinci ini, khususnya warga di Jalan Arbes ini. "Kita harap seminar ini memberi pemahaman betapa pentingnya berzakat untuk kemaslahatan umat" katanya.
 
Mispar juga menyebutkan, zakat  diharapkan tidak sekadar menyucikan diri si wajib zakat atau sekadar meningkatkan rasa belas kasih kepada sesama manusia, tetapi juga bertujuan membangun suatu masyarakat Islam yang gotong royong dan sejahtera. 

Sedangkan Tokoh Pemuda setempat, Rozali, menyatakan dukungannya atas dilaksanakan kegiatannya yang sangat bermanfaat ini. Menurutunya, diharapkan kegiatan ini dapat digelar dengan rutin dengan mengambil tema-tema yang berbeda sehingga dengan begitu masyarakat khususnya di Jalan Arbes ini makin mengerti soal agama.
 

Sementara narasumber dalam seminar tersebut, DR Heri Sunandar, MCL, secara gamblang menjelaskan bahwa garis besarnya zakat itu terbagi dua yakni zakat fitrah dan zakat mal. Secara mendasar, zakat bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat para kaum dhuafa. Artinya, dalam pemberian zakat maka fakir miskin adalah prioritas utama. (kor. htl)

 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER