Riaumandiri.co
Home ยป Riau Raya

Dibangun Megah, Konsultan Nyatakan Bangunan Pasar Pekan Heran Sudah Sesuai Bestek

Kamis,20 Februari 2020|05:54:00 WIB
Dibangun Megah, Konsultan Nyatakan Bangunan Pasar Pekan Heran Sudah Sesuai Bestek
Megahnya bangunan pasar rakyat Pekan Heran di Desa pekan Heran Kecamatan Rengat Barat
Loading...

PELITARIAU, Inhu - Bangunan pasar rakyat Pekan Heran di Desa Pekanheran Kecamatan Rengatbarat Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau, seluas lebih kurang 40 x 40 meter persegi, sudah sesuai bestek. Baik itu pondasinya maupun konstruksinya yang menggunakan anggaran senilai lebih kurang Rp3,3 milyar.

Konsultan Pengawas pembangunan pasar rakyat Pekan Heran CV Anugrah Konsultan, Igus Putra ST kepada wartawan, Selasa (18/02/2020) kemarin mengatakan, untuk pondasi pada Pasar Rakyat Pekanheran tidak ada masalah, kalau lantai yang retak berarti timbunannya yang turun, sedangkan ketika dilihat dari bentuk pecahnya dan dibongkar beberapa keramik, hasilnya menunjukan tidak adanya tanah timbunan yang turun

"Sedangkan adukan keramik tidak ada yang kurang, pecahnya lantai dilihat dari hasil pembongkaran akobat dari adanya beban berat dan hantaman benda padat," ujar konsultan Igus.

Bangunan Pasar Rakyat Pekan Heran, memiliki pondasi yang kokoh dengan menggunakan Mini Pile (cerocok,red) yang ditanam dibawah bagunan hal ini dibuktikan dengan tidak ada tiang yang retak atau pada tiang balok tidak terdapat keretakan. 

Pecahnya lantai keramik jelas Konsultan Igus, akibat beban tak seimbang, keramik bukan untuk beban yang berat. Banyak para pedagang di pasar rakyat Pekan Heran membawa barangan dagangannya ke dalam pasar mengunakan grobak angkat barang dan sepeda motor yang membawa barang dagangan. 

"Keramik yang pecah sudah di perbaiki, kami sudah awasi kontraktor selama melakukan pekerjaan dan perbaikan keramik yang pecah, kemarin kontraktor dan pihak Disperindag juga sudah sepakat dengan perbaikan dan kami dari konsultan melakukan pengawasan kerja sesuai tanggung jawab konsultan Pengawas," jelasnya. 

Dikatakannya, pihak Disperindag Inhu juga sudah turun ke lokasi pasar rakyat Pekan Heran guna melakukan pengecekan dan telah membuat kesepakatan bersama dengan pihak pengurus pasar dan pemuda setempat untuk tidak lagi menaikan grobak angkutan barang dan motor masuk kedalam pasar berlantai keramik. "Selain itu, Disperindag Inhu juga melakukan pengawasan atas perbaiakan keramik yang rusak," jelasnya.

Terakhir dikatakan Igus, pembangunan pasar Pekanheran anggaran tahun 2019 senilai 3,3 meliar dengan ukuran 40 X 40 plus semenisasi pelataran dalam pasar. 

Terpisah, Kepala Bidang pengelolaan pasar Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Inhu, Ariefwan SSos MSi sebelumnya kepada wartawan di Pematangreba menjelaskan, Bangunan pasar Pekanheran masih masa perwatan, pihak rekanan sudah melakukan perbaikan atas kerusakan keramik di bangunan pasar Pekanheran tersebut.

Selain pihak ketiga (rekanan,red) melakukan perbaikan atas kerusakan kramik di bangunan pasar Pekanheran lokasi los ikan Jumat (14/2/2020) kemarin, petugas Disperindag juga melakukan pengawasan langsung atas kegiatan perbaikan sejumlah keramik bangunan pasar yang di perbaiki oleh pihak rekanan bersama konsultan dan melakukan penjagaan pasar melibatkan masyarakat setempat. **prc/tim


Editor :zulpen


Loading...
Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2014 Pelitariau.com All Right Reserved