Riaumandiri.co
Home ยป Riau Raya

Cerdas... Bhabinkamtipmas Desa Polak Pisang Sosialisasikan Aplikasi Sipeka

Rabu,19 Februari 2020|18:52:38 WIB
Cerdas... Bhabinkamtipmas Desa Polak Pisang Sosialisasikan Aplikasi Sipeka
Bhabinkamtipmas Desa Polak Pisang Brigadir Ari Syaputra saat bersama Mahasiswa KKN STIE-INDRAGIRI
Loading...

PELITARIAU, Inhu - Polisi berpangkat Brigadir dengan Nomor Registrasi Pusat (NRP) 86090981, Ari Syaputra merupakan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtipmas). Bertugas di desa Polak Pisang kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), menyambangi posko Kuliah Kerja Nyata Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) STIE-INDRAGIRI yang berada di desa Polak Pisang, Dusun 1, jalan Sumatera, Rabu (19/2/2020). 

Pertemuannya dengan mahasiswa-mahasiswi KKN-PPM berlangsung cukup lama, sekitar 1 jam. Tak hanya mengingatkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Brigadir Ari juga menyosialisasikan aplikasi online bernama Sistem Informasi Pelayanan Elektronik & Kamtipmas Akurat (SIPEKA) Polres Inhu. Aplikasi tersebut dapat didownload disemua smartphone melalui playstore.

Pada kesempatan itu, Brigadir Ari Syaputra kepada wartawan mengatakan, tidak hanya kepada mahasiswa-mahasiswi KKN-PPM saja dirinya sering berkeliling desa Polak Pisang untuk mengajak masyarakat yang memiliki smartphone untuk mendownload dan menggunakan aplikasi SIPEKA Polres Inhu. Dan diakuinya banyak manfaat yang didapat melalui aplikasi tersebut.

Brigadir Ari menjelaskan, dalam aplikasi SIPEKA, masyarakat dapat melaporkan peristiwa kejahatan secara darurat. Selain itu, aplikasi SIPEKA bisa digunakan untuk mendaftarkan permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru dan perpanjangan, Surat Keterangan Catatan Kejahatan (SKCK), SP2HP, pendaftaran SKBN, SPDP, surat izin keramaian dan surat keterangan kehilangan.

Yang tak kalah pentingnya, lanjut Ari, dalam aplikasi ini bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan pengaduannya dadakan dimana pun berada dengan menekan tombol  darurat di dalam aplikasi SIPEKA, serta ada aplikasi pelaporan berbagai tindak pidana dimana identitas pelapor dirahasiakan.

"Saya mengingatkan kepada kita semua untuk menjaga lingkungan sekitar, terutama area lahan dan hutan agar tidak dibakar. Hal ini bertujuan untuk menghindari bencana kabut asap di kabupaten Inhu," ujar Brigadir Ari.

Diakhir kunjungannya di posko KKN-PPM STIE-INDRAGIRI, Brigadir Ari juga mengajak mahasiswa-mahasiswi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan 3C. yaitu, Curanmor atau Pencurian Kendaraan Bermotor, Curas atau Pencurian Dengan Kekerasan dan Curat atau Pencurian Berat.**Prc1


Editor :Yudha


Loading...
Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2014 Pelitariau.com All Right Reserved