Wabup Siak Inspektur Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda

Sabtu, 29 Oktober 2016

Wabup Siak foto bersama usai pimpin upara hari sumpah pemuda

PELITARIAU, Siak - Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda ke-88, yang bertajuk "Pemuda Indonesia Menatap Dunia", Wakil Bupati Siak Drs, Alfedri MSi memimpin langsung sebagai Inspektur upacara di lapangan kantor Bupati, Jum'at (28/10/16).

Upacara tersebut turut dihadiri langsung oleh Bupati Siak Drs H Syamsuar, MSi, unsur Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Siak, Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, Ketua PKK Kabupaten Siak Misnarni Syamsuar, Ketua Forikan Siak Rasidah Alfedri, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda dan wanita, dan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, PNS, honorer dan pelajar.

Dalam sambutannya mengatakan, melalui kesempatan sumpah pemuda ini Pemerintah Kabupaten Siak menyampaikan salam hangat untuk tokoh pemuda di seluruh negeri dan Manca Negara yang berupaya sekuat tenaga demi meujudkan kemajuan dan kemakmuran serta menjaga keutuhan NKRI.

"Melalui Data Demografi jumlah Pemuda Indonesia berdasarkan UU NO.40 tahun 2009, tentang kepemudaan antara range usia 16-30 tahun, berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5% dari jumlah total penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta berdasarkan Badan Pendata Statistik (BPS), secara kuantitas angka 24,5% ini cukuplah besar, jelas Alfedri.

Dalam waktu dekat, tahun 2020-2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan Bonus Demografi.

"Dimana jumlah usia yang produktif diproyeksi berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa, yaitu mencapai 64% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 297 juta jiwa, terang Alfedri.

Pada sebab itu, dihari kebangkitan pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke diera kemajuan teknologi, diharapkan pemuda-pemuda Indonesia bisa ikut serta memberikan sumbangsih pemikiran maupun gagasan agar terpenuhi kesejahteraan dan membesarkan nama bangsa di kancah internasional.

"Untuk itu, tugas kita menjadikan bonus demografi sebagai pemicu percepatan pembangunan di Indonesia, kita buktikan dalam sejarah Indonesia,untuk sekian kalinya bahwa pemuda Indonesia sebagai motor utama penentu perubahan Indonesia sebagai negara maju yang sejajar dengan negara besar lainnya.

"Karna didepan mata kita ada MEA maupun perdagangan bebas Asia dan Dunia, saatnya pemuda Indonesia bangkit membangun visi yang besar menatap dunia" tutup Alfedri.

Sementara itu Ketua DPRD Kab.Siak Indra Gunawan, mengatakan semangat dan perjuangan pemuda harus berdiri meskipun usianya mulai merunduk.

"Hari ini pemuda Indonesia sudah berumur 88 tahun, Generasi muda kita berkewajiban untuk meneruskan perjuangan untuk bangsa Indonesia.***(hms/baim).