Sebanyak 163 Orang TKSK Ikuti Kegiatan Gelar Pemantapan

Jumat, 28 Oktober 2016

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau membuka Pemantapan TKSK

PELITARIAU, Pekanbaru - Dalam rangka meningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Sosial Provinsi Riau gelar Pemantapan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Kegiatan tersebut diikuti oleh 163 orang TKSK se Riau, di Hotel Ameera 27 - 29 Oktober 2016.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial H Silahudin, SE, Kepala Bidang Kelembagaan dan Penyuluh Sosial H Yarham, SMHk, Kepala Sesi Pekerja Sosial dan Dunia Usaha Tuti Shoreanti, SE. Serta Ketua Forum Komunikasi TKSK Provinsi Riau Alwis,S.ag dan Kementrian Sosial RI Drs, Ganjar Basuki S, MSi yang membidangi Kasubdit TKSK dan Karang Taruna.

Dalam kata sambutannya Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabid Rehabilitasi Sosial H Silahudin, SE mengatakan pemantapan TKSK ini bertujuan  meningkatkan spirit untuk memberikan pelayanan terhadap Penyandang Kesejahteraan Sosial.

"Untuk membangun kesejahteraan sosial masyarakat, harus ada pemetaan permasalahan sosial itu sendiri. Melalui pemantapan ini harapan kita, agar tercapainya tujuan untuk mengentaskan permasalahan sosial ditengah masyarakat, diantaranya Penyandang Disabilitas Cacat, Lansia Miskin, Wanita Tuna Susila, serta juga Wanita rawan Ekonomi,"jelasnya karena TKSK merupakan mitra pemerintah untuk pemeta pendataan yang terdiri dari 26 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Selain itu TKSK mendampingi program bantuan, seperti Program bantuan dana Hiba untuk Lansia Miskin, Bantuan Orang Dengan Kecacatan Berat (ODKB) Bantuan usaha Kelompok ekonomi keluarga miskin,  Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sejahtera (KIS), khususnya dari Kementrian Sosial RI.

Sesuai dengan Undang-undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, TKSK merupakan Pekerja Sosial yang telah di didik dan dilatih secara profesional dan di SK kan oleh Pemerintah melalui Kementerian Sosial RI.

"Maka dengan itu dengan diselenggarakan pemantapan ini, bisa meningkatkan potensi TKSK agar tercapainya kesejahteraan bagi penyandang kesejahteraan sosial masyarakat,"pungkasnya.

Ketua Forum TKSK Provinsi Riau Alwis, S.ag yang di dampingi oleh Sekretaris Forum TKSK Ahmadi, mengatakan kepada Pelitariau.com, semakin banyak nya tanggung jawab TKSK, harapan kita kepada Pemerintah Daerah perlu perhatian serius untuk mengimbangi kinerja TKSK.

"Harapan kita kepada Pemerintah, dengan banyaknya tanggungjawab yang harus dilakukan oleh TKSK bisa di imbangi dengan honor tali asih cukup. Selama ini jauh sekali dibawah UMR, tidak layak dibandingkan dengan wilayah yang di pegang oleh TKSK yang ditugaskan di kecamatan,"terang Alwis.

Hal ini juga diutarakan oleh Ketua Koordinator TKSK Kabupaten Siak Muhammad Yamin, S.ag, semoga dengan adanya pemantapan yang bertujuan untuk Peningkatan Kualitas SDM oleh Dinas Sosial berdampak positif terhadap kesejahteraan sosial masyarakat dan juga untuk TKSK itu sendiri.***(baim)