Tingkatkan Ekonomi, Dekranasda Kuansing Wadahi Perempuan Membatik

Rabu, 26 Oktober 2016

Ketua dekranasda Kuansing di rmah batik Pelalawan

PELITARIAU, Pelalawan - Guna mendorong peningkatan perekonomian masyarakat Kuansing dilakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan mewadahi kaum perempuan Kuansing yang dilakukan oleh Dekranasda melalui membatik.

Untuk itulah Dekranasda Kuansing yang diketuai oleh Emi Mursini melakukan Kunker ke Rumah Batik Binaan PT RAPP di Pelalawan, Selasa (25/10). Dalam kunker tersebut Emi Mursini didampingi Ketua GOW Kuansing,  Yuni Halim dan Ketua Darma wanita Sri Mulyati Muharman serta Kaban BPMPKB H Irwandi, Kadis Budparpora  Marwan Kadis Kopindag Tarmis serta Kadis Penda Hendra AP .

Mengingat perekonomian Kuansing saat ini yang cukup sulit, maka Emi Mursini sangat tertarik dengan kegiatan membatik yang diyakini akan dapat membantu memulihkan perekonomian keluarga masyarakat kuansing kedepannya.

"Kuansing punya Sumber Daya Manusia, khususnya kaum Wanita bisa bekerja membatik yang akan menghasilkan uang, untuk membantu perekonomian, terutama dalam rumah tangga masing - masing," sebut Emi Mursini.

Ditambahkannya Dekranasda Kuansing selain bisa membuka lapangan kerja baru, membatik ini juga bisa untuk menciptakan serta mengembangkan batik khas Kuansing. Sehingga pada akhirnya menjadikan Batik Kuansing sebagai suatu kewajiban untuk memakainya dan menjadi Batik khas daerah.

"Baik itu diacara resmi pemerintahan, maupun diacara yang lainnya kita bisa pergunakan Batik Khas Kuansing sebagai pakaian formal di suatu kegiatan. Jika perlu ada hari khusus memakai Batik untuk para Pegawai di lingkungan Pemkab Kuansing nantinya, " katanya.***(linda)