Vietnam di Nobatkan Menjadi Tim Terbaik Tour De Siak Tahun 2016

Ahad, 23 Oktober 2016

Vietnam National Team Dinobatkan Sebagai Tim Terbaik di Tour de Siak 2016

PELITARIAU, Siak - Perhelatan balap sepeda Tour de Siak (TDSi) tahun 2016 yang di gelar pada tanggal 17-22 Oktober 2016 telah usai. Etape ke 4 yang digelar pagi Sabtu (22/10) sekitar pukul 09.00 wib menjadi etape terakhir di perhelatan balap sepeda bertaraf Internasional ini.

Di etape ini, menjadi etape istimewa bagi kabupaten Siak selaku penyelengara even balap sepeda bertaraf Internasional tersebut. Pasalnya, di etape itu, pebalap tuan rumah Zerry Riadi dari tim Bumi Siak Pusako (BSP), bertengker di posisi kedua. Dan, di posisi ketiga diraih oleh tim BRCC Banyuwangi, Nur Arif Prayogo Dealton. Sedangkan di posisi puncak diraih oleh pebalap dari tim PGN Road Cycling Team asal Jakarta Selatan Indonesia, Alvin Firlandi.

Etape "Siak City Race" dengan menempuh jarak 87,28 kilometer itu, menjadi satu-satunya etape yang dikuasai pebalap dari tim Indonesia. Sedangkan di etape 1,2, dan 3, pebalap dari tim negara Indonesia, tidak pernah bertengker di posisi pertama.

Seperti etape 1 Siak-Dayun-Siak yang menempuh jarak 154 km, pebalap Vietnam National Team Thanh Dien Tran berhasil meraih juara satu. Sedangkan juara dua diraih oleh Hsu Hsuang-Ping dari Action Cycling Team Taiwan, dan diurutan ke tiga diraih oleh Muh Imam Arifin dari KFC Cycling Team Jakarta Selatan, Indonesia.

Di etape 2 dengan rute Siak-Perawang-Siak dengan jarak tempuh 182,12 km, pebalap Vietnam National Team Duc Tam Trinh bertengker di posisi pertama, disusul pebalap CNN Cycling Team asal Singapore, Lewis Fellas juara dua dan di juara tiga ditempati pembalap dari tim KFC Cycling Team Jakarta Indonesia, Selamat Juangga.

Sedangkan di etape ketiga, lagi-lagi pebalap Vietnam National Team menjadi raja, terbukti di rute Siak-Sungai Apit-Siak dengan jarak tempuh sepanjang 115,46 Kilometer ini, pebalap dengan nomor punggung 32 Thanh Tam Nguyen berhasil meraih podium utama, disusul pebalap dari negara Taiwan Chen Chien-Liang dari tim ACT Action Cycling Team, dan diurutan ketiga diraih oleh pebalap dari negara Malaysia Arsyaf Naim Bin Ling dari Tim SEL Selangor.

Sebelum pengumuman peraih tim terbaik dan pebalap terbaik di malam penutupan Tour de Siak tahun 2016, Sabtu (22/10/2016), Direktur Race Tour de Siak Erwin Anwar mengatakan dalam sambutannya, balap sepeda yang di kemas dalam TDSi ini menjadi ikon provinsi Riau di masa mendatang. Karena, even Tour de Siak bukan hanya ajang balap sepeda, tetapi juga sebagai salah satu ajang mempromosikan daerah wisata di kabupaten Siak dan juga provinsi Riau.

"Saya berharap, ajang ini nantinya menjadi salah satu ajang terbaik di Indonesia. Ini juga sangat berdampak pada kemajuan wisata kabupaten Siak di masa mendatang," sebutnya.

Hal senada juga diungkapkan bupati Siak Syamsuar dalam sambutannya, dia menyebut, dengan diadakannya acara ini setiap tahunya, dapat mendongkrak ekonomi kreatif bagi masyarakat. Karena, pemerintah kabupaten Siak di setiap mengelar even bertaraf Internasional tersebut, selalu menyediakan bazar untuk masyarakat.

"Sebelum saya menutup rangkaian acara ini, saya ucapkan banyak terimakasih ke semua masyarakat kabupaten Siak yang sudah ikut serta menyukseskan acara ini. Tak lupa juga saya ucapkan selamat ke pada pemenang di Tour de Siak tahun 2016 ini. Dan, bagi pebalap yang belum memenangkan ajang ini, jangan berkecil hati, semoga di masa-masa mendatang dapat meraih hasil yang lebih baik lagi," katanya.

Berikut hasil akhir Tour de Siak tahun 2016.

Tim terbaik:

1.Vietnam National Team
2. Black Ink CCN Singapura
3. KFC Bike Team Jakarta

Pebalap terbaik:

1. Duc Tam Trinh Tim Nasional Vietnam
2. Lewis Fellas Tim Black Ink CCN
3. Selamat Juangga Tim KFC Jakarta

Pebalap terbaik Indonesia:

1. Selamat Juangga (KFC)
2. Ryan Ariehan  (CCC)
3. Hari Fitrianto  (Black Ink CCN)

Green Jersey:

1. Aiman Cahyadi  (PGN)
2. Erik Andrianto (PRB Sumbar)
3. Muhammad Nur Fathoni  (Lombok Bike Club/LBC). ***(baim)