Hj Suryati Lantik Pengurus DKD di Dua Kecamatan

Senin, 17 Oktober 2016

Ketua DKD Rohil Hj Suryati melantik pengurus DKD kecamatan di dua kecamatan baru-baru ini

PELITARIAU,Rohil- Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Dra Hj Suryati melantik dua pengurus baru Dewan Kesenian Derah (DKD) di Kecamatan Kubu dan Kecamatan Kubu Babussalam (Kuba) masa bakti 2016-2021, di Lapangan Bola Kubu, Sabtu (15/10/16).

 

Pelantikan DKD dua Kecamatan itu, dihadiri Wakil Bupati Rohil Drs. Jamiluddin, anggota DPRD Darwissyam, Asisten III, Ali Asfar, Kepala Dinas/Badan dan Kantor, serta Camat Kubu Asrul, S.sos, Kapolsek Kubu serta Datuk Penghulu dilingkungan Kecamatan Kubu dan Kuba.

 

Ketua DKD Rohil Hj Suryati dalam sambutanya menyebutkan, Kesenian dan budaya daerah harus dibangkitkan. Melaui wadah DKD Rohil merupakan tempat berhimpunnya sanggar-sanggar kesenian dan Budaya yang dimiliki, khususnya seni dan budaya yang ada di kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam.

 

Lanjut Hj Suryati, DKD Kecamatan Kubu, dan Kuba sengaja di gabungkan karena kedua kecamatan itu memiliki seni dan Budaya yang hampir sama. Dengan terbentuknya DKD dua Kecamatan ini mari kita sama-sama mengembangkan keseniman dan Budaya yang ada di Rohil, khususnya di Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam ini.

 

Suryati menegaskan, DKD Kecamatan merupakan mitra,dan perpanjangan tangan DKD Kabupaten untuk menggali dan mengembangkan seni dan budaya yang ada di daerah.

 

Saya berharap kepada Pengurus DKD Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam yang baru dikukuhkan dapat  menjadi perpanjangan tangan DKD kabupaten untuk menyaring kesenian dan budaya yang ada di dua kecamatan ini. 

 

Kembangkan seni dan budaya yang di miliki, jangan kita hanya memasukan budaya luar lalu budaya sendiri tidak di kembangkan. Untuk itu mari kita Kembangkan Seni dan Budaya kita sendiri , pintanya.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Rohil, Drs. Jamiludin mengatakan, atas nama pemerintah daerah Rokan Hilir mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dewan Kesenian Daerah Rokan Hilir dengan giat dan gigihnya menggali dan membangkitkan lagi Kesenian dan Budaya yang ada di daerah yang sudah hampir tengelam. 

 

"Kesenian merupakan pundi-pundi didalam kehidupan bermasyarakat. Kesenian merupakan pundi-pundi kehidupan di dalam kehidupan yang senantiasa tersemai didalam jiwa anak-anak muda," terang Jamiluddin.

 

Untuk itu, Wabup Jamiluddin menitipkan salah satu kesenian kepada DKD, Dia minta di hidupkan kembali di setiap kecamatan yang ada di rokan hilir kesenian khosidah sebab kesenian khosidah bersanji  merupakan salah satu kesenian islami.

 

"Diharapkan kepada DKD jangan sungkan-sungkan untuk mengajukan program kepada pemda rohil, apa lagi berhubungan dengan kesenian khosidah bersanji,itu pasti di bantu selagi tidak menyalahi aturan dan undang-undang itu saja," ujarnya.

 

Jamiludin juga mengucapkan apresiasi kepada DKD Kecamatan Kubu dan Kubu babussalm, di hari pelantikan sudah menyiapkan berbagai perlombaan, seperti pestival lagu dangdut, artinya di nilai keinginan DKD Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam  serius untuk membangkitkan kesenian yang ada di daerah Kubu, dan sekaligus mengurangi daripada persolan kejahatan yang ada di Kecamatan maupun perdesaan yang ada di Kubu dan Kubu Babussalam.***Jr