PED Meranti Dibentuk Kembangkan Ekonomi Sesuai Karakteristik Daerah

Rabu, 15 Oktober 2014

internet

PELITARIAU, Selatpanjang-Forum Pengembangan Ekonomi Daerah (FPED) diharapkan mampu mendorong pengembangan ekonomi masyarakat sesuai karakteristik daerah.

Harapan itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir H Anwar Zainal, saat membuka sosialisasi pembentukan Forum Pengembangan Ekonomi Daerah, di Ballroom Afifa Sport, jalan Banglas, Selatpanjang, Rabu (15/10).

Menurutnya, pengembangan ekonomi masyarakat di suatu daerah harus dilakukan dengan seimbang dan merata. Upaya tersebut juga harus dijalankan sesuai dengan karakteristik potensi ekonomi yang menjadi keunggulan di daerah.

"Oleh karenanya, sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri, Pemda diminta membentuk Forum Pengembangan Ekonomi Daerah yang keanggotaannya terdiri dari unsur Perguruan Tinggi, Asosiasi Bisnis, Jurnalis, Lembaga Penelitian, LSM, Pengacara, Koperasi dan lainnya," katanya.
 

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Kelembagaan Ekonomi Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah di Kementerian Dalam Negeri, Indrati Iswari SH MML, selaku narasumber sosialisasi itu mengatakan, pembentukan FPED bertujuan untuk memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah menyangkut program pengembangan ekonomi.

"Saya berharap agar anggota FPED dapat berperan aktif, tidak hanya memberikan pandangan, saran, kritik objektif dan konstruktif, namun juga sebagai katalisator, motivator dan dinamisator atas internalisasi kebijakan pembangunan ekonomi daerah," pintanya (kor. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad