Pemko Pekanbaru Minta Bantuan Pusat Bangun Jalan Tol Masuk Pekanbaru-Dumai

Jumat, 14 Oktober 2016

ilustrasi

PELITARIAU, Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) sedang mencari bantuan ke pemerintah pusat untuk menyelesaikan 1,6 kilometer jalan akses pintu masuk tol Pekanbaru-Dumai.

Demikian dikatakan Dedi Gusriadi, Jum'at (14/10/2016), di ruang kerjanya.

Jalan akses pintu masuk tol ini pada dasarnya juga merupakan bagian dari jalan lingkar luar Kota Pekanbaru di Jalan Yos Sudarso. Namun, karena ia langsung terhubung dengan jalan tol, maka kualitasnya juga harus sama dengan jalan tol itu sendiri.

Kendala muncul karena untuk membuat jalan yang kualitasnya sama itu dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Sementara, Pemko Pekanbaru kini terus berhemat akibat rasionalisasi anggaran. Sebagai gambaran, APBD Pekanbaru yang tahun 2016 disahkan Rp3,1 triliun sudah menyusut dan tahun 2017 hanya disahkan Rp2,4 triliun.

"Ada 1,6 Km jalan lingkar luar yang berhubungan langsung dengan pintu tol. Itu kualitasnya harus sama dengan tol. Karena dana yang diprlukan tidak sedikit, APBD kita tidak akan sanggup mendanainya," jelas Dedi.

Permohonan bantuan pada pemerintah pusat disebutnya akan dilakukan dengan mengajukan proposal. Sebelum itu, Pemko terlebih dahulu akan berkonsultasi dengan BPKP.

"Konsultasi untuk mendalami apa memungkinkan secara hukum atau tidak supaya nanti tidak ada kesalahan dalam pengajuannya kepada pusat," urainya.

Dedi memperkirakan jika disetujui, permohonan ini sudah masuk untuk dianggarkan oleh pemerintah pusat tahun 2017 nanti.

"Administrasinya sekarang dipersiapkan. Sebelum akhir tahun sudah kita masukkan," tutupnya.***(al)