Riau Kekurangan Kapal Pengawas Pantai

Kamis, 13 Oktober 2016

Kapal di perairan Riau

PELITARIAU, Pekanbaru - Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Riau mengungkapkan minimnya kapal untuk melakukan pengawasan sehingga wilayah perairan sering terjadi pencurian ikan.

Menyikapi persoalan ini, Pemprov Riau meminta kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan RI untuk menambah personil keamanan di wilayah rawan tersebut. "Kita hanya memiliki tiga kapal untuk mengawasi garis pantai Riau. Kapal itu milik Pemprov, Kementrian dan Bea Cukai. Kita juga kekurangan personil untuk mengawasi pantai Riau yang luas", Ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Riau, Tien Mastina kepada Pelitariau.com

Beberapa waktu lalu, Tien mengaku baru saja kembali dari Rokan Hilir untuk menyelesaikan beberapa masalah perikanan. Salah satu nya soal nelayan Tanjung Balai Asahan dengan nelayan Bengkalis yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

"Kita sudah bahas hal tersebut bersama Bupati Rohil. Bahkan, Komandan Pangkalan Angkatan Laut juga telah memberikan peta wilayah perairan hingga negara tetangga. Dengan demikian, nelayan bisa tahu batas
wilayah mereka untuk mengambil hasil laut", terangnya

Persoalan lain juga dihadapi oleh nelayan, kurang maksimalnya sarana dan prasarana untuk menangkap ikan. Nelayan Riau memiliki peralatan yang sangat tradisional dengan kapal penangkap ikan yang kecil.

"Permasalahan ini akan kita selesaikan secara bersama sama", tuturnya.***(dian)