Inilah Cara Menemukan HP Yang Hilang Dengan Menggunakan GPS Tracking

Kamis, 13 Oktober 2016

ilustrasi

Saat ini, mengetahui posisi seseorang atau mencari suatu alamat memang sudah tidak lagi sesulit seperti dulu. Tentu saja karena saat ini sudah ada teknologi canggih bernama GPS alias Global Positioning System. GPS ialah sistem navigasi yang  berbasis satelit dan sengaja dibuat dari jaringan 24 satelit yang sudah ditempatkan pada orbitnya.

Dalam GPS sendiri ada dua istilah yang paling sering digunakan, yakni GPS tracking dan GPS tracker. GPS tracking sendiri merupakan sebuah sistem untuk melakukan pemantauan jarak jauh dengan menggunakan satelit GPS untuk menjadi penentu lokasi objek yang bergerak seperti kendaraan dengan sangat akurat pada bentuk titik koordinat yang nantinya bisa diimplementasikan pada sebuah peta digital.

Dengan adanya GPS tracking, maka tidak akan sulit lagi bagi anda untuk menemukan objek tertentu, baik kecil maupun besar selama objek tersebut memiliki teknologi GPS di dalamnya. Contoh yang paling sering dilakukan ialah menemukan ponsel yang hilang.

Lalu, bagaimana carayna untuk menemukan ponsel android yang hilang dengan menggunakan GPS tracking dan GPS tracker? Caranya ialah sebagai berikut :

Android Device Manager

Jika anda belum mengetahui apa itu Android Device Manager, ini merupakan alat yang bisa anda gunakan untuk melacak ponsel anda, alias menjadi GPS tracker. Jika belum memilikinya, anda bisa langsung mengunduhnya terlebih dahulu, atau juga bisa langsung mengaksesnya lewat browser milik anda.

Login

Jika sudah membuka Android Device Manager, jika saatnya anda untuk login pada akun Google milik anda. Yang harus anda perhatikan, untuk melakukan GPS tracking maka anda harus login pada akun yang sama dengan ponsel anda yang sedang hilang.

Mulai Mencari

Jika sudah berhasil login pada Android Device Manager, kini anda sudah bisa melakukan GPS tracking. Secara otomatis Android Device Manager akan menampilkan lokasi terakhir ponsel anda, dan akan muncul pada bagian tengah peta. Sedangkan untuk rincian ponsel anda akan muncul pada jendela kecil yang ada dibagian pojok kiri atas.

Menentukan Pilihan

Kemudian, anda bisa menentukan tindakan yang akan anda lakukan pada ponsel android milik anda yang telah hilang. Tindakan tersebut ialah Lock, Ring dan Erase. Sebaiknya anda memilih tindakan yang paling menguntungkan pada teknologi GPS tracking ini.

Jika anda memilih lock, maka yang akan terjadi ialah anda akan memasukkan kode penguncian ponsel yang baru, sehingga orang lain tidak akan mungkin bisa membukanya.

Jika anda memilih Ring, maka ponsel android anda akan terus berdering, sehingga akan memudahkan anda menemukan ponsel jika memang posisi hilangnya masih dekat dengan posisi anda saat ini.

Terakhir, jika anda memilih Erase, maka semua data yang ada pada ponsel milik anda akan hilang. Pilihan terakhir ini biasanya akan dipilih jika GPS tracker menunjukkan posisi yang jauh dan tidak mungkin lagi untuk didapatkan.

Menemukan ponsel android yang tidak diketahui keberadaannya ini hanyalah sebagian kecil dari teknologi GPS yang menggunakan GPS tracking dan GPS tracker. Jika anda bisa memanfaatkannya dengan baik, maka hal ini bisa sangat membantu.

Tidak hanya ponsel android yang bisa anda temukan dengan GPS tracking, iPhone yang selama ini terkenal sangat memperhatikan keamanan data penggunanya juga sangat bisa menggunakan GPS tracking untuk menemukan ponsel yang hilang.

Dengan cara yang sudah dijelaskan tadi, semoga saja bisa membantu anda dan mengatasi masalah yang sedang anda hadapi.