Wakili Bupati, Asisten II Buka Pelatihan Petani Kelapa Sawit

Rabu, 05 Oktober 2016

PELITARIAU, Inhil- Asisten II Setda Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Rudiansyah membuka secara resmi pelatihan petani kelapa sawit tahun 2016 di aula Hotel Harmoni Tembilahan, Selasa (4/10) kemarin

Dalam sambutannya, Asisten mengakui lahan perkebunan sawit di Kabupaten Inhil cukup luas hingga mencapai 109.028 hektare. Pertahun, panen buah sawit mampu menghasilkan seberat 706.346 ton.

“Berdasarkan data yang ada, kita ketahui bahwa produksi kelapa sawit di Inhil selalu mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun,” katanya.

Menurutnya, apabila potensi perkebunan kelapa sawit tersebut terus dikembangkan secara baik maka akan mampu menjadi sektor utama dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Terlebih lagi jika dilakukan pengembangan ilmu pengetahuan kepada para petaninya.

“Atas nama pemerintah, saya sangat mengapresiasi atas terlaksananya pelatihan ini. Untuk itu, melalui pelatatihan ini saya harapkan akan ada peningkatan pengetahuan serta kemampuan para petani di Inhil. Secara tidak langsung akan berujung pada kesejahteraan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Provinsi Riau, S. Sismeidinata menjelaskan, kegiatan tersebut akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 4 sampai 8 Oktober 2016.

Tidak sebatas materi secara teori, para peserta nantinya juga akan diajak ke lokasi lahan sawit untuk mengetahui secara langsung.

“Dari kegiatan ini, kita optimis untuk dapat menambah ilmu pengetahuan bagi para petani, khusus para peserta pelatihan,” ungkapnya