Survei LSI, Agus dan Anies Bersaing Ketat di Pilkada DKI

Selasa, 04 Oktober 2016

PELITARIAU, Jakarta - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI-Denny JA) yang dirilis hari ini menunjukkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Agus Harimurti-Sylviana dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno bersaing ketat, meski elektabilitasnya masih di bawah Basuki Purnama (Ahok)-Djarot,.

"Keduanya berada di posisi kedua karena selisih margin of error saja," ujar Peneliti LSI-Denny JA Adjie Alfaraby dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Hasil survei pada 28 September-02 Oktober 2016 dengan 440 responden itu menunjukkan elektabilitas Anies-Sandiaga sebesar 21,1 persen dan Agus-Sylvi 19,3 persen, sedangkan Ahok-Djarot masih unggul dengan 31,4 persen. Pemilih yang belum memutuskan atau rahasia ada 28,2 persen.

Untuk bakal calon gubernur saja, Agus unggul tipis dibanding Anies, masing-masing 22,3 persen dan 20,20 persen. Ahok masih paling tinggi pada 31,1 persen.

Dilihat dari segmen pendukung, Anies-Sandiaga didukung pemilih berpendidikan, Agus-Sylvi menang pada segmen pemilih wong cilik dan pemilih berusia muda, sedangkan Ahok-Djarot didukung pemilih laki-laki.

Ia mengatakan tren menunjukkan Ahok tidak sekuat dulu dan jika Pilkada digelar hari ini, bersatunya kekuatan Anies dan Agus pada putaran kedua mungkin mengalahkan Ahok.

"Agus potensial menjadi kuda hitam karena belum lama menjadi politisi sipil namun dukungan atasnya sudah meroket. Agus memiliki efek wow, kalau kata anak masa kini," ujar Adjie dikutip Antara.

Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar dan Partai Hanura, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS, sudah mendaftarkan diri ke KPU DKI Jakarta.***(prc)