Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Sabtu, 01 Oktober 2016

Monumen Pancasila Sakti

PELITARIAU, Jakarta - Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Sabtu (1/10), pukul delapan pagi. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden RI Joko Widodo.

Presiden yang dikenal dengan nama lain Jokowi hadir didampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di tempat upacara sesaat sebelum upacara dimulai. Upacara ini juga dihadiri berbagai kalangan, dari TNI, Polri, sampai para siswa SD, SMP dan SMA.

Selain itu, Detikcom mengabarkan, Panglima TNI, KSAD, KSAL dan KSAU serta Kapolri turut mengikuti upacara. Juga turut hadir Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Ade Komarudin, beberapa menteri Kabinet Kerja, serta jajaran pimpinan DPD.

Ketua MPR Zulkifli Hasan didapuk untuk membacakan teks Pancasila. Sedangkan Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad membacakan UUD 1945. Ketua DPR Ade Komarudin membacakan ikrar yang berisi sumpah setia terhadap Pancasila.

Beberapa hari lalu, Sekretariat Negara menyampaikan melalui website resmi mengenai tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, pada hari ini, "Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila"

Adapun Tata Upacara yang telah disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diawali pada pukul enam pagi, pengibaran bendera Merah Putih oleh regu pelajar serta Taruna Akademi. Dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu.

Pada pukul delapan dilaksanakan Penghormatan Kebesaran yang dipimpin oleh Komandan Upacara, dan disusul Mengheningkan Cipta serta pembacaan teks Pancasila. Berikutnya, dibacakan Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta Naskah dan penandatanganan Ikrar.

Salam Kebangsaan menutup rangkaian upacara, sebelum Jokowi dan segenap hadirin meninggalkan tempat upacara, diiringi persembahan lagu-lagu oleh para pelajar. Upacara selesai saat Komandan Upacara membubarkan pasukan.***(prc)