Sekitar 500 Penggila Trail Ikuti Even Jelajah Rimba Rohul II

Senin, 13 Oktober 2014

Pemkab Rohul Gelar Rapat Even Jelajah Rimba II

PELITARIAU, Pasirpengaraian - Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya. Seperti pada Ahad 19 Oktober 2014 nanti, pemerintah daerah akan menggelar even Jelajah Rimba Rohul II.


Demi suksesnya kegiatan, Pemkab menggandeng Extreme Trail Adveture (X-Tar) Rohul. Sudah beberapa kali menggelar rapat bersama, termasuk melibatkan pihak Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Pada Senin (13/10/14), rapat kembali digelar di kantor Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset (DPPKA) Rohul. Rapat dipimpin Wakil Bupati Rohul, Ir. H. Hafith Syukri MM dan Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono.

Pada rapat pematangan kesiapan pelaksanaan turut dihadiri Kasat Lantas AKP Rustam, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tengku Rafli Armien S.Sos, Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana, pihak Dinas Kesehatan, Satpol PP Rohul, Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informasi Rohul dan Ketua X-Tar Rohul Syafriadi juga Ketua Pelaksana Kegiatan dan pengurus X-Tar Rohul lain.

Wabup Hafith mengatakan even Jelajah Rimba Rohul II akan diikuti sekitar 500 penggila trail dari pulau Sumatera dan pulau Jawa. Beberapa klub trail akan meramaikan even itu, seperti X-Tar, Mr. Jac dan Cracker Rohul.

Jelajah Rimba Rohul II tahun ini masih melibatkan Polri. Sebab, even ini juga memberi contoh membangun kesadaran masyarakat dalam berlalulintas.

"Rakor ini untuk memantapkan kegiatan agar berjalan dengan baik. Peserta dan penontonn juga harus aman," kata Wabup Rohul.

Sesuai hasil rapat, raturan tracker motor penggaruk tanah itu akan mengambil start di Astaka Purna MTQ Riau di Kota Pasirpangaraian. Rutenya melewati beberapa obyek wisata di Kecamatan Rambah, seperti Goa Sikafir ke arah Bukit Barisan.

Kemudian menuju Air Terjun Patasan di Sungai Bungo yang juga kampung wisata tempat budidaya bunga hias, Danau Cipogas, dan selanjutnya finish di obyek wisata Air Panas Hapanasan.

Wabup Rohul mengharapkan, dari even Jelajah Rimba Rohul II itu bukan saja ikut mempromosikan obyek wisata, namun sebagai ajang promosi pelopor keselamatan berkendara.

"Tujuan utama kegiatan, kita ingin sampaikan pesan wisata ke luar daerah. Peserta akan kita suguhi makan tradisional khas Rohul," jelas Wabup Rohul.

Pada rutenya, peserta akan melalui medan berat dan terjal. Namun, panitia akan menyiapkan tenaga-tenaga kesehatan, termasuk peralatan perbaikan kenderaan, P3K, Ambulance, dan lainnya.

"Di jalur berat dan berbahaya akan dibangun pos. Untuk tenaga kesehatan, keamanan dan pengunaan alat komunikasi harus benar-benar ready," ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono mengimbau seluruh peserta mengutamakan kelengkapan berkendara. Polri mengharapkan panitia memetakan titik-titik yang dianggap bahaya sehingga dibangun pos. Hal itu untuk menjaga keselamatan peserta, dan nama baik Rohul.
Sebagaimana dilansir riauterkini.com.


Ketua Panitia Pelaksana Jelajah Rimba Rohul Syafriadi mengatakan even kedua itu sengaja digelar masih bersempena HUT Rohul ke-15. Selain sebagai kampanye keselamatan berlalulintas, even itu juga sebagai promosi pariwisata di Kabupaten Rohul. (PR-cr.ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha