Pengamat: Agus Mendapatkan 60 Persen Pemilih Muda Jakarta

Senin, 26 September 2016

Agus-Syilviana

PELITARIAU, Jakarta – Pengamat Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedillah Badrun menilai bahwa Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengambil suara kelas menengah DKI Jakarta. Namun untuk pemula, Agus Harimurti Yudhoyono bisa menjadi perhatian masyarakat DKI Jakarta, khususnya pemilih muda.

"Untuk kelas menengah, nampaknya Anies lebih sedikit di atas Agus dan Ahok. Karenanya Pilkada DKI 2017 berlangsung ketat dan dua putaran," kata Ubedillah kepada Okezone, Senin (26/9/2016).

Menurut Ubedillah, latar belakang Agus sebagai TNI dan wajah tampan, bisa membuat anak muda menjadi terpesona.

"Kalau liat tren anak muda dan pemilih pemula di Jakarta, nampaknya Agus lebih menyedot perhatian anak muda dibanding Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)," lanjut dia.

Ubedillah menjelaskan bahwa Agus mempunyai pesona personal subyektif yang mengisi kerinduan anak muda pada pemimpin yang berlatar tentara, muda, cerdas dan ganteng. "Ini tantangan terberat Anies dan Ahok," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ubedillah, jika dibuat ranking untuk pemilih muda di Jakarta, Agus mendapatkan presentasi sebanyak 60 persen, sedangkan Anies Baswedan mendapatkan 25 persen sementara Ahok mendapat 15 persen suara.

Pada Pilgub DKI 2017 ada tiga pasangan calon yakni Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung oleh PDIP, Partai Hanura, Partai Nasdem dan Partai Golkar. Sementara Partai Gerindra dan Partai Keaddilan Sejahtera (PKS) mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN). ***(prc)