Mengapa Posisi Kancing Kemeja Pria dan Wanita Berbeda?

Senin, 26 September 2016

ilustrasi

PELITARIAU, Jakarta - Berapa banyak dari kamu yang bertanya-tanya, mengapa posisi kancing kemeja pria dan wanita berbeda. Kalau kancing baju pria berada di sisi kanan. Sedangkan kancing baju perempuan ada di sisi kiri. Selain itu, baju wanita juga biasanya ditambahkan jahitan di punggung untuk memberikan kesan langsing.

Ternyata penempatan itu ada sejarahnya lho. Dikutip dari Live Science, ada beberapa alasan untuk itu:

1. Alasan fesyen
Perbedaan letak kancing itu diyakini bermula pada era Rennaissance dan Victorian. Saat itu perempuan bangsawan cenderung harus dibantu pria saat mengancingkan baju. Sedangkan kaum pria akan memakai baju sendiri.

2. Alasan praktis saat berperang
Alasan lainnya menyebutkan bahwa letak kancing yang berlawanan ini bermula sejak zaman pria berperang dan membawa senjata. Para pria itu lebih sering menggunakan tangan kanan untuk memegang senjata. Posisi kancing ini untuk memudahkan tangan kanan ketika hendak mengambil senjata yang disembunyikan di dalam baju mereka.

3. Alasan menyusui
Ada yang menyebutkan penempatan kancing itu dilakukan agar para wanita bisa lebih mudah menyusui bayinya. Wanita lebih terbiasa menggendong bayi di sebelah kiri. Dengan posisi kancing yang diciptakan di sebelah kiri dipercaya akan mempermudah wanita untuk membuka dan menutup kembali baju sebelum atau setelah menyusui ketika berada di tempat umum. ***(prc)