Ini Cara Menjadi Pendongeng yang Seru untuk Anak

Jumat, 23 September 2016

ilustrasi

PELITARIAU, Jakarta - Setiap orang tua tentu ingin memiliki anak dengan pengetahuan luas. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membaca buku. Meski begitu, tidak sedikit anak yang bosan ketika dibacakan dan membaca buku.

Lalu, bagaimana caranya agar anak senang membaca?

Mark Greenwood, seorang penulis asal Australia mengatakan bahwa peran orang tua sangat penting untuk membuat minat baca anak meningkat. Cara paling sederhana adalah mendongeng.

Menurut Mark, anak-anak menyukai cerita dengan bumbu misteri yang membuatnya penasaran. Orang tua bisa menambahkan imajinasi saat membacakan cerita tersebut.

"Orang tua bisa menyambungkan cerita dengan sejarah, bumbunya lewat gambar, bahasa, seni dan misteri. Anak suka itu karena mereka ingin tahu lebih dalam," kata Mark saat ditemui CNN Indonesia di acara Book Week Australian Independent School (AIS) di Kemang, Jakarta Selatan.

Setelah membacakan cerita, lanjut Mark, orang tua bisa langsung membawa anak ke perpustakaan. Di sana anak akan dikenalkan dengan berbagai buku yang mereka sukai.

Nah, dalam memilih buku, ada kesalahan yang dilakukan oleh orang tua, yakni memilih buku yang menurutnya menarik.

"Terkadang orang tua yang memilihkan buku, padahal proses memilih buku bersama membantu anak untuk belajar mencintai buku," kata Mark.

Ayah Ibu bisa mengajak anak untuk pergi ke perpustakaan atau toko buku, untuk mencari buku yang disukai olehnya.***(prc)