Lakukan Pemeriksaan, Banyak Mobil Pemda Inhu di Jual Bupati Yopi ?

Selasa, 13 September 2016

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE melakukan pemerikssaan aset jenis kendaraan dinas di kantor Bupati Inhu.

PELITARIAU, Inhu - Banyaknya aset pemerintah Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) berupa kendaraan dinas yang tidak terawat, Selasa (13/9) pagi dikumpulkan di halaman kantor bupati Inhu. Kondisi fisik kendaraan dinas mobil dan sepeda motor satu persatu dilakukan pengecekan. 
 
Tampak kendaraan dinas para pejabat yang dimutasi beberapa waktu lalu juga dikumpulkan, pemeriksaan juga dilakukan terhadap kendaraan dinas dan kendaraan operasional dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Inhu. Pemeriksaan kendaraan dinas dilakukan langsung oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto SE sebagai penguasa aset.
 
Kabar akan dilakukan penjualan aset berupa mobil oleh Pemkab Inhu, tidak ditepik oleh Bupati Yopi, sebab Bupati mengajak semua pihak untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap penggunaan kendaraan dinas dilingkungan Pemkab Inhu.
 
"Karena itulah kita lakukan pemeriksaan dan pendataan ini, sehingga kalau memang ada kendaraan dinas yang biaya perawatannya besar, bisa saja kita lelang (jual,red), tentunya kita sesuaikan dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.
 
Opsi untuk melakukan lelang terhadap kendaraan dinas yang sudah tidak produktif dan hanya membebani APBD untuk biaya perawatan. Bupati Yopi menegaskan hal itu memungkinkan untuk dilakukan. "Kendaraan dinas sesuai dengan peruntukkannya, Ini tugas dan tanggungjawab kita semua," tegasnya.
 
Selain kendaraan dinas roda empat, Bupati juga memerintahkan Bagian Pengelolaan Aset untuk melakukan pemeriksaan dan penelusuran terhadap aset Pemkab Inhu mulai dari kendaraan dinas roda dua hingga aset tidak bergerak lainnya. Sehingga penataan aset di lingkungan Pemkab Inhu lebih baik dari sebelumnya.
 
Namun demikian, beredar kabar kalau sejumlah kendaraan dinas milik Pemkab Inhu dibawa oleh mantan pejabat pertikal yang pernah bertugas di wilayah Inhu dengan status belum pernah dilelang. Diantaranya pejabat tersebut pernah bertugas menjadi Kapolres Inhu, Dandim 0302 Inhu dan Kajari Inhu dengan jenis Nissan X-Trail. **prc